Israel-killed

Foto korban tewas pihak Israel di Ashdod akibat serangan roket pejuang Palestina

Teheran, LiputanIslam.com – Ketatnya sensor berita mengenai korban tewas di pihak Israel akibat serangan roket para pejuang Palestina membuat seorang perwira militer Iran Mohammad Baqir Zadeh memberikan perkiraan bahwa jumlah korban tewas di pihak Israel akibat serangan roket pejuang Palestina mencapai sedikitnya 60 orang. Dia juga menilai bahwa para korban itu kebanyakan adalah kalangan militer, polisi dan petugas di berbagai sektor, mengingat penduduk Israel lainnya banyak yang berlindung ke tempat-tempat yang dirasa aman.

“Jika jumlah korban cidera yang dipublikasikan Rezim Zionis kita jadikan acuan maka harus dikatakan bahwa korban tewas di pihak Zionis sejauh ini mencapai sedikitnya 60 orang,” kata baqir Zadeh yang juga merupakan pakar bidang korban perang, sebagaimana dikutip FNA Rabu (16/7).

“Mengingat adanya keraguan terhadap jumlah korban luka maka jumlah korban tewas itu sudah dikurangi separuh. Dengan demikian, jumlah korban tewas Israel seharusnya dua kali lipat, yakni 120 orang,” lanjutnya.

Dia menjelaskan, “Perbandingan antara korban tewas dan korban cidera dalam peperangan Israel biasanya adalah 1 banding 10. Karena itu, dengan adanya kepastian data korban luka maka dapat diperkirakan seberapa jumlah korban tewas dalam perang Israel yang kejam ini.”

Menurut Baqir Zadeh, sejak dimulainya perang ini sebagian besar penduduk Israel berhamburan mencari tempat-tempat perlindungan. Karena itu dapat diperkirakan bahwa pula korban tewas kebanyakan adalah petugas yang terpaksa tetap bertahan di luar tempat-tempat perlindungan. Mereka terdiri atas tentara, polisi dan petugas lainnya yang bekerja di berbagai sektor.

“Sejauh ini Rezim Zionis enggan mempublikasikan jumlah korban yang tewas. Karena itu kita sendirilah yang lantas membuat perkiraan untuk jumlah korban tewas mereka,” pungkas Baqir Zadeh. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL