irak operasi pembebasan tikritBaghdad, LiputanIslam.com – Komando operasi gabungan Irak Sabtu (11/7) menyatakan 276 teroris anggota organisasi teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas diterjang operasi militer yang dilancarkan dengan kerjasama Kementerian Dalam Negeri dengan Angkatan Udara Irak di berbagai kawasan provinsi Anbar, Irak barat. Demikian dilaporkan berbagai media Timur Tengah termasuk el-Balad, Yaoum7 dan al-Masry al-Youm, Minggu (12/7).

Operasi gabungan itu dilancarakan terhadap posisi-posisi ISIS dan kelompok-kelompok pasukan mereka yang masuk ke Irak dari wilayah Suriah.

Komando operasi gabungan Irak menjelaskan ada delapan posisi teroris ISIS dan pusat-pusat pembuatan bom mobil mereka yang dibombardir pasukan Irak hingga banyak teroris dari negara-negara Arab dan beberapa negara asing lain terbunuh.

Serangan yang dilancarkan pasukan Irak antara lain menerjang sebuah hotel yang tempat penginapan para teroris mengakibatkan 30 teroris lagi tewas. Selain itu, satu hotel lagi di provinsi Anbar juga hancur dan mengubur 20 teroris, termasuk penanggungjawab bidang akomodasi, Abu Suhaib, warga Irak.

Di lokasi lain, pasukan Irak menggempur tempat pertemuan Abu Umar al-Baghdadi mengakibatkan 100 teroris tewas, termasuk termasuk penanggungjawab bidang akomodasi ,Abu Mariya al-Iraqi.

Gempuran berikutnya menerjang sebuah tempat pertemuan para pimpinan ISIS di Ambar mengakibatkan 45 anggota ISIS yang ada di dalamnya tewas, termasuk Abu Talhah al-Masri yang juga penanggungjawab bidang akomodasi.

Sebuah bengkel tempat perakitan bom mobil ISIS juga terkena gempuran mengakibatkan 10 anggota ISIS tewas, termasuk Abu Ziyad, warga kota Fallujah, Irak.

Satu tempat penginapan lain di Anbar juga diserang mengakibatkan 25 teroris tewas, dan sebagian besar mereka adalah anggota ISIS yang membawa misi serangan bom bunuh diri di Baghdad. Di antara mereka juga terdapat Abu Ishak, warga Irak yang menjadi komandan mereka.

Lebih lanjut, satu tempat lagi di kawasan selatan Anbar juga dijatuhi bom, mengakibat 30 teroris tewas, satu di antaranya pimpinan mereka, Abu Walid al-Basrawi.

Tempat terakhir yang disebutkan sebagai sasaran serangan pasukan Irak adalah sebuah bengkel logam di Anbar. Di situ sebanyak 16 anggota ISIS juga dilaporkan menemui ajalnya akibat serangan itu.  (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL