sandera iranTeheran, LiputanIslam.com – Kelompok militan Pakistan telah membebaskan para sandera Iran dan menyerahkan mereka kepada para pejabat Iran di Pakistan. Demikian dilaporkan kantor berita Farsnews sambil mengutip keterangan pejabat keamanan Iran, Jumat sore (04/04). “Para prajurit Iran itu telah diserahkan kelompok teroris Jaisy al-Adl kepada para pejabat Iran yang berada di Pakistan, “ tutur pejabat yang tak disebutkan namanya itu.

Berita dari Farsnews ini dilansir tak lama setelah jaringan berita televisi al-Arabiya juga melansir berita pembebasan sejumlah tentara penjaga perbatasan Iran tersebut oleh kelompok militan Jaisy al-Adl.  Al-Arabiya menyebutkan bahwa berita itu disampaikan kepada al-Arabiya oleh Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Jaisy al-Adl, Abdul Rauf Rigi.

Rigi mengatakan, “Jaisy al-Adl memutuskan untuk membebaskan tawanan Iran itu setelah kelompok ini mengadakan pertemuan dengan para ulama Ahlussunnah dan para pemimpin sejumlah suku di wilayah Baluch (Pakistan).”

Dia menambahkan bahwa setelah pertemuan itu para sandera Iran dipulangkan melalui wilayah perbatasan di timur Iran bersama rombongan dari Iran.

Sehari sebelumnya, Iran mendapat kabar tak sedap dari Islamabad. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Pakistan Tasnim Aslam Kamis (03/04)  membenarkan berita keterbunuhan satu di antara lima sandera Iran di tangah milisi Jaisy al-Adl.

Para sandera itu sendiri disekap sejak tanggal 6 Februari lalu. Dua hari setelah itu kelompok Jaisy al-Adl mengunggah foto para sandera itu di akun Twitternya sambil menyatakan bertanggungjawab atas aksi penyanderaan.

Selanjutnya, tanggal 24 Maret lalu mereka mengaku telah membunuh satu sandera bernama Jamshid Danaefar. Pengakuan ini mengejutkan pemerintah Teheran sehingga segera mendesak pemerintah Islamabad supaya ikut bertanggungjawab dan menyelediki kebenaran berita tersebut, dan baru Kamis kemarin Kementerian Luar Negeri Pakistan mengonfirmasi keterbunuhan Danaeifar. (mm/farsnews/alarabiya/jahannews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL