alqaidah yamanSanaa, LiputanIslam.com – Kelompok bersenjata yang diduga sebagai militan jaringan teroris al-Qaidah menyerang pos militer di Provinsi Hadramawt di Yaman tenggara, Jumat (04/04). Mereka menyerang secara berkonvoi di atas kendaraan mengakibatkan delapan tentara Yaman tewas dan 11 lainnya cidera.

“Para penyerang mendekati pos itu dengan iringan beberapa kendaraan lalu menggempur tentara dengan beberapa jenis senjata, membunuh delapan tentara dan melukai 11 lainnya,” ungkap sebuah sumber kepada AFP.

Sumber itu menambahkan bahwa kelompok bersenjata itu menargetkan serangannya terhadap Pos Hanin di sekitar kota al-Qatn yang terletak di provinsi yang kondisi alamnya semi gurun. Tanpa penjelasan lebih detail, dia juga menyebutkan bahwa usai serangan itu pasukan bantuan segera dikirim ke lokasi peristiwa.

Serangan di hari Jumat itu merupakan serangan terbesar kedua kelompok militan terhadap tentara Yaman dalam beberapa hari terakhir. Sehari sebelumnya al-Qaidah mengaku bahwa Rabu lalu mereka berhasil melancarkan serangan terhadap daerah yang sangat tertutup di Aden.

Kelompok yang menamakan dirinya “al-Qaidah Semenanjung Arab” (AQAP) dinyatakan oleh Amerika Serikat sebagai jaringan teroris paling mematikan. Rabu lalu mereka mengklaim bahwa serangan mereka ke komplek militer Aden telah menewaskan hampir 50 tentara. Namun pihak pemerintah menyatakan korban tewas di pihak tentara hanya enam orang, kemudian tiga warga sipil, 10 pelaku penyerangan, dan satu pelaku bom bunuh diri. (mm/afp/alakhbar)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*