alqaidah yamanSanaa, LiputanIslam.com – Sedikitnya 23 orang tewas akibat kontak senjata antara tentara Yaman dan militan al-Qaeda di bagian selatan provinsi Hadhramaut Jumat malam lalu (23/5).

Menurut laporan CNN hari ini Minggu (25/5), Kementerian Pertahanan (Kemhan) Yaman dalam sebuah statemennya yang dimuat di surat kabar 26 September mengakui sebagian besar korban adalah pihak tentara, yakni 12 orang, sedangkan selebihnya di pihak militan.
Kemhan Yaman juga menyatakan dua di antara anggota al-Qaeda yang tewas adalah warga negara Saudi bernama Faisal al-Afifi dan Fawaz al-Harbi.

Statemen itu menyebutkan, “Kawanan kelompok ini (al-Qaeda) telah melancarkan aksi balas dendam dengan melancarkan serangan terhadap beberapa lokasi umum di kota Seyoun pada pukul 11 malam kemarin (Jumat), menyebabkan 12 tentara gugur dan 11 lainnya cidera.”

Menurut statemen itu, kawanan bersenjata telah menyerang beberapa lokasi, yaitu komplek perkantoran milik negara, Bank Central Yaman, Bank Nasional, kantor pos, Komando Daerah Militer I, Pusat Keamanan Umum dan Pengendalian Lalu Lintas, dan Markas Keamanan Nasional.

Statemen itu menambahkan bahwa kawanan itu telah mengacaukan keamanan penduduk kota dengan menggunakan berbagai jenis senjata dan bom mobil.

Menurut laporan CNN, milisi al-Qaeda datang dalam jumlah besar dengan mengendarai lebih dari 20 unit truk lalu menyerang instansi-instansi pemerintah. Saksi mata bernama Ali Ba Obaid menyebutkan bahwa jumlah mereka mencapai sekitar 100 orang.

“Militan menanti sampai malam tiba dan membakar semua instansi pemerintah yang mereka kuasai,” ujar Ali. Dia menambahkan pasukan bantuan pemerintah datang dua jam setelah militan menguasai instansi-instansi tersebut. “Ratusan pasukan pemerintah yang dipimpin oleh Angkatan Udara dan Pasukan Keamanan berhasil memaksa militan teroris pergi meninggalkan tempat, namun mereka pergi setelah menghancurkan segalanya,” keluh Ali.

Seorang pejabat Yaman yang meminta supaya identitasnya tidak disebutkan karena tidak berwenang berbicara kepada pers menyatakan kepada CNN bahwa kekalahan al-Qaeda di Seyoun merupakan bukti kuat bahwa kemampuan mereka sangat terbatas untuk menguasai suatu kawasan di Yaman.

Awal-awal Mei lalu tentara Yaman melancarkan serangan masif terhadap milisi al-Qaeda di kawasan Maifaa, provinsi Shabwa, mengakibatkan 37 militan tewas dan puluhan lainnya luka-luka. (mm/alalam/cnn/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL