Damaskus, LiputanIslam.com –  Sekretariat Brigade Sayyid al-Syuhada di Suriah, Jumat (19/5/2017), merilis statemen mengenai serangan udara Amerika Serikat (AS) terhadap brigade pro-pemerintah Suriah ini. Bersamaan dengan ini pemerintah Rusia mengecam serangan udara tersebut.

Kelompok milisi ini menegaskan bahwa AS telah menyerang dengan beberapa rudal semata-mata demi membalaskan kekalahan demi kekalahan yang diderita oleh gerombolan teroris ISIS.  Mereka menegaskan bahwa pejuang Suriah akan terus melawan agresi AS.

Brigade ini menyatakan satu orang telah gugur, enam lainnya luka-luka akibat serangan tersebut, dan beberapa peralatan berat rusak.

“Tapi kerugian yang lebih besar ialah pasukan pendudukan itu kembali masuk dari jendela setelah kami usir dari pintu…Namun kami di Brigade Sayyid al-Syuhada tidak akan goyah dari pendirian kami menolak pendudukan  dan siapapun yang bersamanya,” tegas statemen itu.

Seperti pernah diberitakan, AS telah melancarkan serangan udara terhadap milisi pendukung pemerintah Suriah, Kamis (18/5/2017), dengan dalih mereka berpotensi mengancam pasukan AS dan kelompok-kelompok bersenjata dukungan AS di selatan Suriah.

Brigade Sayyid al-Syuhada diserang ketika bergerak ke arah pangkalanal-Tanf diwilayah perbatasan Suriah – Yordania. Di situ milisi ini bentrok dengan pasukan pemberontak Suriah hingga kemudian beberapa jet tempur AS datang menyerang milisi ini.

Menlu Rusia Sergey Lavrov mengecam serangan udara AS itu dan menganggapnya sebagai tindakan ilegal.

Dia menegaskan bahwa apapun alasan yang dinyatakan militer AS serangan ini tetap ilegal dan merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan Suriah.

“Washington berusaha membenarkan serangan udara ini dan mengklaim seolah tentara Suriah mengancam para pemberontak bersenjata yang bekerjasama dengan AS di Yordania ,” kecam Lavrov.  Dia juga menegaskan bahwa Rusia akan menyelidiki kasus ini untuk mendapatkan data lebih banyak tentang ini. (mm/rayalyoum/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL