ypg kobane suriahKobane, LiputanIslam.com – Milisi Kurdi Suriah Unit Perlindungan Rakyat (YPG) berhasil merebut lima desa di wilayah tenggara Ain al-Arab atau Kobane melalui pertempuran yang menewaskan 32 anggota ISIS. Demikian dilaporkan al-Mayadeen, Selasa (24/3/2015).

Lembaga pemberitaan yang berbasis di Lebanon ini juga memberitakan bahwa pasukan Suriah telah menembak jatuh pesawat nirawak pengintai milik kelompok bersenjata di provinsi Aleppo utara.

Laporan lain dari lembaga pemberitaan Fars yang berbasis di Iran menyebutkan bahwa Aleppo, ibu kota provinsi Aleppo, sudah dikuasai penuh oleh pasukan Suriah, namun kelompok-kelompok bersenjata terus terus melancarkan serangan ke kota itu dan desa-desa di sekitarnya, sementara di berbagai kawasan utara Aleppo terjadi pertempuran sengit antara pasukan Suriah dan kelompok-kelompok bersenjata.

Seorang narasumber di lapangan menyebutkan bahwa pasukan udara Suriah telah menggempur beberapa posisi dan tempat perkumpulan kelompok-kelompok bersenjata di sekitar Idlib. Hal itu dilakukan setelah terdapat laporan dari pihak intelijen Suriah mengenai adanya pertemuan kelompok-kelompok bersenjata di sekitar Idlib dan penarikan kelompok-kelompok bersenjata lain dari pinggiran provinsi Idlib dan Daraa serta kawasan perbatasan Turki. Sumber itu mengatakan puluhan orang tewas dan luka di pihak pemberontak Suriah akibat serangan tersebut.

Dia juga menepis berbagai laporan mengenai keberhasilan serangan-serangan terbaru pihak pemberontak. Menurutnya, laporan itu sama sekali tidak benar dan ditujukan hanya untuk memberi spirit kepada kelompok-kelompok pemberontak.

Dia menjelaskan bahwa kelompok-kelompok itu sebelum melancarkan operasi serangan yang dinamai “Perang Idlib” telah menebar propaganda luas di berbagai media sosial dengan tujuan terutama mempengaruhi masyarakat Idlib.

Dia memastikan bahwa situasi di kota Idlib sepenuhnya aman dan berada dalam kendali penuh pasukan Suriah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*