Raqqa, LiputanIslam.com –  Milisi Kurdi Pasukan Demokrasi Suriah (SDF) berhasil membebaskan 200 warga sipil yang sebagian besar anak kecil dan kaum perempuan, dari desa Baghouz, kantung terakhir kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di provinsi Deir Al-Zour, Suriah.

Kantor berita Kurdi, Hawar, yang dekat dengan SDF mengatakan bahwa warga sipil tiba itu di daerah-daerah yang telah dibebaskan setelah milisi itu membuka jalan aman mereka.

Setelagh SDF mengumumkan dimulainya operasi terakhirnya untuk menumpas sisa-sisa ISIS di desa Baghouz  di kawasan Badiya Deir al-Zour, sejak Ahad pagi ada ratusan warga bergerak melintasi gurun menuju titik konsentrasi SDF.

Salah satu anggota milisi Kurdi mengatakan bahwa para pengungsi itu bergerak seharian melalui jalan-jalan yang diamankan oleh SDF. Mereka dibawa ke daerah-daerah yang aman melalui pemeriksaan secara ketat untuk mengantisi adanya anggota ISIS yang menyamar dan menyusup sebagai warga sipil di antara mereka.

Dia menambahkan bahwa ISIS masih menggunakan ratusan warga sipil sebagai perisai manusia di depan serangan, sehingga gerak maju SDF ke daerah tersebut menjadi terhambat. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*