Kairo, LiputanIslam.com –  Pejabat Mesir Tarek Fahmi menyatakan pemerintah negara ini tidak mengekang faksi pejuang Palestina Hamas dalam menjalin hubungan dengan Iran.

Kepada koran al-Ghad milik Yordania, Rabu (25/10/2017), dia mengatakan bahwa Mesir akan mengundang semua faksi Palestina untuk melakukan dialog komprehensif sesama komponen Palestina di Kairo.

Pejabat yang mengikuti kinerja komisi perundingan Mesir-Palestina ini mengatakan, “Mesir memahami pergerakan Hamas menuju Iran, tidak akan menerapkan batasan dan kekangan apapun terhadapnya, sebagaimana hal ini juga tidak akan mempengaruhi kesepakatan rekonsiliasi maupun hubungan dengan Mesir.”

Fahmi menjelaskan bahwa kesepakatan rekonsiliasi Fatah-Hamas yang diteken di Kairo dengan mediasi pemerintah Mesir sekarang sedang dalam proses implementasi, dan Mesirpun sangat mengharapkan keberhasilannya.

“Kesefahaman antara dua gerakan ini (Fatah dan Hamas) berlanjut tanpa ada problema,” katanya. Dia lantas mengingatkan negara-negara Arab lain tidak mencampuri urusan rekonsiliasi Palestina ini agar tidak kandas di tengah jalan.  (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL