Kairo, LiputanIslam.com –  Kepala badan intelijen militer Mesir Mohammed Faraj el-Shahat, Jumat (10/2/2017), menyatakan pasukan Mesir dalam operasi militernya sejak tahun 2015 sampai sekarang berhasil menghabisi sekitar 500 anggota kelompok Ansar Beit al-Maqdis yang belakangan berganti nama menjadi Wilayat Sinai setelah berafiliasi dengan kelompok teroris ISIS.

Dia menjelaskan bahwa militer Mesir dalam operasi bersandi “Hak Syahid” (The Martyr Right) di bagian utara Semenanjung Sinai telah menghancurkan 130 mobil, 250 sasaran serta beberapa sarang dan tempat konsentrasi kawanan bersenjata, dan menyita 1025 ton bahan peledak yang digunakan para ekstrimis untuk membuat bom.

Tentara dan polisi Mesir dalam satu dekade terakhir memerangi pemberontakan militan Islam, yang meningkat terutama di Rafah, Arish, dan Shiekh Zuwied di Sinai Utara sejak presiden Islamis Mohamed Morsi terguling pada bulan Juli tahun 2013,.

Serangan militan telah menyebabkan ratusan polisi dan tentara Mesir tewas.

Laporan el-Shahat tersebut disampaikan  dalam seminar intelektual 24 bertema “Kontra-terorisme, Kehendak Bangsa” yang dimulai pada Kamis lalu.  (mm/railayoum/ahram)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL