palestine-israel flagKairo, LiputanIslam.com – Pemerintah Mesir kembali mengajukan prakarsa gencatan senjata Palestina-Israel yang antara lain meliputi syarat berupa pembukaan pintu-pintu perbatasan Jalur Gaza, demikian dikatakan seorang pejabat tinggi Palestina, Senin kemarin (25/8), sebagaimana dilansir AFP dan dikutip oleh berbagai media Timteng.

Pejabat Palestina yang meminta tidak disebutkan namanya itu mengatakan bahwa sesuai prakarsa tersebut Israel mmembiarkan masuknya bantuan kemanusiaan dan material bangunan ke Gaza untuk rekonstruksi.

“Berbagai pihak Palestina, termasuk para petinggi Hamas, akan menerima prakarsa itu jika Israel a menyetujuinya,” ungkap pejabat itu.

Dia menambahkan bahwa sesuai prakarsa itu pula perundingan mengenai hal-hal yang perselisihkan dan menjadi kendala bagi tercapainya kata mufakat untuk gencatan senjata jangka panjang masih akan dibicarakan di lain kesempatan.

“Ada usulan untuk gencatan senjata temporal di mana pintu-pintu perbatasan akan dibuka, dan penyaluran bantuan dan material bangunan ke Gaza diizinkan. Sedangkan poin-poin yang diperselisihkan akan dibahas dalam jangka waktu satu bulan,” katanya.

“Kami siap menerima gagasan ini, namun masih menanti respon dari Rezim Zionis,” imbuhnya.

Satu pejabat Palestina lainnya mengatakan, “Mesir kemungkinan akan meminta kepada semua delegasi perunding Palestina dan Israel agar kembali ke Kairo dalam tempo 48 jam ke depan.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL