Kairo, LiputanIslam.com –  Kemlu Mesir membantah kabar bahwa sebuah negara merdeka akan didirikan untuk orang-orang Palestina di Jalur Gaza atau Semenanjung Sinai.

“Pernyataan mengenai penempatan orang-orang Palestina di kawasan timur laut Sinai sama sekali tidak benar, dan tak ada perundingan apapun soal ini,” ungkap Kemlu Mesir.

Jubir Kemlu Mesir Ahmed Abu Zeid dalam wawancara dengan sebuah channel satelit Mesir mengatakan, “Kawasan sinai adalah bagian dari Mesir, dan kapanpun tidak pernah dilakukan perundingan antara para pejabat Mesir dan luar negeri mengenai penempatan orang-orang Palestina di sana.”

Sebelumnya, sejumlah media melansir catatan Ayoob Kara salah satu menteri di kabinet Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu di Twitter bahwa Netanyahu telah mengadakan pembicaraan dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengenai prakarsa Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi untuk pendirian sebuah negara bagi orang-orang Palestina di Jalur Gaza dan Sinai.

“Trump dan Netanyahu akan mengadopsi rencana Presiden Mesir el-Sisi. Sebuah negara Palestina di Gaza dan Sinai, sebagai pengganti Judea dan Samaria (Tepi Barat),” cuit politikus Partai Likud itu.

Dia menambahkan, “Ini adalah jalan kami membangun perdamaian, bersama-sama dengan koalisi Sunni.”

Abu Zeid menegaskan bahwa sikap Mesir mengenai Palestina sudah sangat jelas, mendukung solusi pembentukan dua negara Palestina dan Israel sesuai sikap yang disepakati oleh negara-negara dunia, dan optimis perundingan langsung antara Palestina dan Palestina akan dapat menyelesaikan pertikaian.

Tanggapan ini dinyatakan setelah Netanyahu dan Trump belum lama ini mengadakan pertemuan di Gedung Putih. Seorang pejabat senior Gedung Putih yang enggan disebutkan namanya mengisyaratkan bahwa negaranya akan menarik solusi dua negara di wilayah pendudukan Palestina.

“Solusi dua negara tidak akan membawa perdamaian dan bukan tujuan kami di mana banyak orang ingin menggapainya,” ujarnya.

Sekira satu tahun silam, seorang mantan perwira intelijen militer Israel juga mengklaim bahwa presiden Mesir mengusulkan pembentukan negara Palestina di Sinai kepada ketua otoritas Palestina. (mm/alqusdalarabi)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL