Kairo, LiputanIslam.com – Kemlu Mesir mengumumkan bahwa presiden negara ini Abdel Fattah El-Sisi melayangkan “pesan perdamaian” kepada sejumlah pemimpin Arab dengan harapan tersedia solusi diplomatik untuk mengatasi krisis antara Iran dan Hizbullah Lebanon di satu pihak dan Kerajaan Arab Saudi di pihak lain.

Dalam rangka ini, Menlu Mesir Sameh Shoukry tiba di Amman, ibu kota Yordania, Ahad (12/11/2017), dalam rangkaian safari ke negara-negara Arab Teluk yang akan berlanjut sampai tiga hari.

Sebagaimana dinyatakan dalam statemen resmi Kemlu Mesir, safari ini bertujuan memberikan motivasi untuk solusi diplomatik dan menjauhkan kawasan ini dari ketegangan di tengah eskalasi perang dingin antara Iran dan Hizbullah Lebanon di satu pihak dan Saudi di pihak lain.

Menurut statemen ini, Shoukry bersafari ke Yordania, Saudi, Kuwait, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Oman untuk menyampaikan pesan Presiden El-Sisi yang menegaskan keharusan mengupayakan solusi diplomatik bagi setiap krisis, dan menjauhkan kawasan dari berbagai faktor ketegangan, polarisasi, dan instabilitas, serta keharusan memelihara solidaritas Arab.

Disebutkan pula dalam statemen ini bahwa lawatan ini dilakukan “di tengah perkembangan situasi yang terjadi di panggung politik Lebanon serta meningkatnya ancaman yang terkait dengan keamanan dan stabilitas kawasan secara umum.” (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL