menteri keuangan ISIS di RamadiRamadi, LiputanIslam.com – Beberapa media Irak Selasa (29/12) memuat laporan bahwa warga Ramadi, ibu kota provinsi Anbar, Irak barat telah mengungkap keberadaan seseorang yang disebut-sebut sebagai menteri keuangan kelompok teroris ISIS.

Pria itu semula menyembunyikan diri namun warga kemudian mencium keberadaannya di kota Ramadi kemudian melaporkannya kepada pasukan Irak.

Tanpa menyebutkan nama pria itu, biro informasi perang Komando Operasi Gabung Irak dalam statemennya menyatakan bahwa pasukan Irak segera meringkusnya setelah menerima laporan keberadaan gembong teroris itu di tengah warga sipil di kota yang baru lepas dari cengkraman ISIS tersebut..

Dia diketahui sedang menyamar di tengah ratusan penduduk Ramadi agar bisa kabur dari kota ini dan lolos dari sergapan pasukan Irak yang sudah menguasai penuh seluruh penjuru kota ini.

Sebanyak lebih dari 400 penduduk Ramadi telah ditahan oleh ISIS dalam kota ini selama kelompok superekstrim ini terdesak oleh pasukan Irak, namun warga itu selamat dan setelah kota ini bebas sepenuhnya pada Senin lalu (28/12) mereka dievakuasi ke bagian pusat kota serta ditampung dan mendapat perawatan di kantor pemerintahan daerah setempat .

Warga sipil Ramadi masih dievakuasi ke beberapa tempat yang lebih aman, termasuk kawasan al-Habaniyah, dan diminta supaya tidak meninggalkan tempat sebelum semua kawasan kota dipastikan sudah steril dari ranjau dan bahan-bahan peledak yang dipasang ISIS di berbagai lokasi.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri Irak menyatakan bahwa pasukan udara Irak telah melancarkan sebuah operasi khusus dengan menggempur tempat persembunyian ISIS di dua kawasan di sahara Anbar dekat perbatasan Suriah, mengakibatkan delapan pejabat ISIS dan tiga warganegara Rusia anggota gerombolan ini tewas.

Statemen itu menyebutkan beberapa nama para pejabat ISIS tersebut, namun satu di antaranya yang bernama Abu Anas al-Samarai dan disebut-sebut sebagai Wali ISIS untuk kawasan Furat luka-luka dan berhasil melarikan diri ke wilayah Suriah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL