Paris, LiputanIslam.com –  Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA) Anwar Gharghas dalam jumpa pers di Paris, Perancis, Senin (19/6/2017), menyatakan bahwa pengucilan terhadap Qatar “bisa jadi akan berlanjut sampai bertahun-tahun.”

Seperti diketahui UEA termasuk negara yang menyertai Arab Saudi dalam aksi putus hubungan dengan Qatar dengan tuduhan bahwa Doha menyokong terorisme. Mereka juga telah menutup jalur udara, laut dan darat bagi Qatar.

“Kami pasrahkan kepada waktu, kami tidak menginginkan eskalasi, kami (hanya) ingin mengucilkannya… Qatar harus mengubah pendiriannya menyokong para jihadis dan Islamis ekstrimis,” lanjutnya.

Dia menuding Qatar telah memberikan dukungan dana, politik, dan propaganda kepada para ekstrimis.  Tanpa memberikan keterangan lebih jauh, dia juga menyebutkan bahwa Saudi, UEA, Bahrain, dan Mesir dalam beberapa hari ke depan akan mengajukan daftar tuntutannya kepada Qatar yang antara lain ialah pengusiran “para tokoh ekstrimis”.

Gharghas berpendapat bahwa krisis ini tidak akan terselesaikan jika “Qatar tidak mengubah kebijakannya”, dan “berjanji menghentikan dukungannya kepada para jihadis dan Islamis ekstrimis.”

Dia kemudian mengimbau Barat agar memasang “alat pemantau” untuk memastikan konsistensi Qatar kepada janji-janjinya.

“Amerika Serikat, Perancis, Inggris, dan Jerman memiliki bobot politik dan keahlian teknis yang memungkinkannya untuk memasang alat ini,” ungkapnya.

Sebelumnya di hari yang sama, direktur Kantor Komunikasi Pemerintah Qatar, Sheikh Saif bin Ahmed al-Thani, mengatakan, “Blokade telah berlangsung selama dua minggu dan negara-negara yang memblokade tidak menawarkan formula untuk menyelesaikan krisis tersebut. Sangat disayangkan bahwa tetangga kita telah memilih untuk menginvestasikan waktu dan sumber daya mereka dalam sebuah kampanye propaganda tanpa dasar.”

Dia juga menyebut tuduhan “terorisme” blok Saudi sebagai “aksi publisitas”. (mm/rayalyoum/aljazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL