kerry jubeirRiyadh, LiputanIslam.com –
  Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir kembali membuat pernyataan yang menyudutkan pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi dengan menyebutnya sebagai milisi sektarian Syiah yang telah melakukan aksi genosida dengan dukungan Iran.

Dalam konferensi pers bersama sejawatnya dari Yordania, Nasser Judeh, di Riyadh, ibu kota Arab Saudi, Senin (26/12/2016), al-Jubeir menegaskan al-Hashd al-Shaabi harus disingkirkan dari gelanggang demi membebaskan Irak dari krisis sektarianisme.

“al-Hashd al-Shaabi merupakan satu lembaga sektarian yang dikendalikan dan dipimpin oleh para perwira Iran, milisi sektarian yang mengancam persatuan dan keamanan Irak, ” katanya.

Dia menambahkan, “Kami menentang pasukan sektarian apapun di Irak dan menghendaki kearaban Irak, dan kami ingin membendung segala bentuk operasi teror melalui perbatasan Irak…. Kami menegaskan dukungan kami kepada Yordania dalam memerangi terorisme dan membasmi sumber-sumber dananya.”

Saudi sejak awal selalu memandang al-Hashd al-Shaabi dengan tatapan sinis karena relawan ini berperan besar dalam penumpasan kelompok teroris ISIS di berbagai wilayah Irak.

Saudi menyebut al-Hashd al-Shaabi sebagai milisi sektarian Syiah, padahal dalam kelompok besar relawan ini terdapat lebih dari 20,000 para pejuang Sunni Irak, dan belum lama ini telah diresmikan sebagai sebuah lembaga militer oleh parlemen Irak dengan suara mayoritas dan didukung pula oleh banyak anggota parlemen dari kalangan Sunni dan Kurdi.

Al-Hashd al-Shaabi kini sama statusnya dengan lembaga-lembaga militer dan keamanan independen Irak lainnya seperti pasukan kontra-terorisme, dan diawasi langsung oleh Perdana Menteri Irak Haider Abadi selaku panglima tertinggi angkatan bersenjata.

Karena itu, pernyataan al-Jubeir sangat berpotensi mengundang reaksi kecaman dari berbagai di Irak dan akan dinilai sebagai salah satu bentuk campurtangan dalam urusan internal negara lain. (mm/sputnik/dpa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL