Teheran, LiputanIslam.com –  Laman Alkhaleej Online, Selasa (30/10/2018), melaporkan bahwa Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir telah menghubungi para pejabat Iran via telefon. Bersamaan dengan ini, aktivis Saudi pengguna akun Twitter @mujtahidd mencuit bahwa al-Jubeir telah berkunjung ke Qatar tapi di sana tidak mendapat sambutan.

Mengomentari kabar tersebut, laman al-Alam yang berbasis di Iran menyatakan bahwa para pejabat Iran maupun Qatar tidak menanggapi dua kabar itu karena meskipun sulit dipercaya tapi tidak mustahil dilakukan Saudi dalam waktu dekat ini setelah Riyadh menjadi bulan-bulanan khalayak dunia akibat kasus pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, selagi tekanan terhadap Saudi itu masih berlangsung.

Al-Alam menilai tidak tertutup kemungkinan terjadinya pendekatan antara Qatar dan Saudi dewasa ini ataupun setelah Deal of The Century yang diprakarsai Presiden Amerika Serikat Donald Trump diterapkan untuk menyelesaikan kemelut Palestina-Israel.

Namun, lanjut al-Alam, jika manuver Saudi itu dilakukan dengan tujuan memancing hasrat Iran kepada prakarsa Trump tersebut maka upaya demikian hanya akan sia-sia belaka meskipun Iran selalu menyambut baik segala upaya menciptakan komunikasi yang baik antarnegara di kawasan Teluk Persia. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*