Moskow, LiputanIslam.com –  Menteri Luar Negeri Rusia menilai Perang Suriah sudah berakhir sehingga situasi di negara Arab ini praktis sudah kembali ke jalur dama, meski masih menyisakan sedikit ketegangan.

“Perang sudah berakhir di Suriah. Negara ini secara bertahap sudah kembali kepada kehidupannya yang normal dan damai, hanya tinggal sisa-sisa ketegangan di daerah-daerah yang tidak dikuasai oleh pemerintah Suriah semisal Idlib dan kawasan timur Furat,” ungkap Lavrov dalam wawancara dengan surat kabar Trud (Rusia: Труд), Kamis (12/9/2019).

Menurutnya, dalam situasi demikian, misi yang diutamakan sekarang ialah “penyaluran bantuan kemanusiaan secara menyeluruh dan penggalakan proses politik untuk penyelesaian krisis politik demi mewujudkan stabilitas yang solid dan permanen.”

Lavrov menyebutkan bahwa negaranya memainkan peranan penting dalam upaya menjaga komunikasi yang teratur di antara semua pihak terkait di Suriah, termasuk pihak oposisi, dan menyerukan representasi seluas mungkin yang mencakup semua komponen masyarakat Suriah dalam proses politik.

Baca: Rusia Nyatakan Situasi Teluk Persia akan Normal Jika Kapal Iran Tidak Diusik

“Kami bertolak dari aspek bahwa oposisi memainkan peranan penting. Mereka terlibat dalam komunikasi kolektif Suriah di Jenewa dan berbagai pertemuan sesuai kerangka perundingan Astana. Perwakilan oposisi juga harus masuk dalam struktur Komisi Konstitusi. Karena itu, kami yakin bahwa oposisi dapat dan harus memberikan andil konstruktif dalam proses politik konprehensif sesuai resolusi Dewan Keamanan PBB nomor 2254,” terangnya.

Baca: Pemerintah Suriah Perbaiki Pusat Perbelanjaan di Aleppo

Dia melanjutkan, “Secara umum Rusia mendukung pulihnya Suriah sebagai negara yang memiliki kedaulatan regional sepenuhnya, dapat segera mengatasi dampak-dampak terorisme yang tersebar, kembalinya semua orang Suriah ke negara mereka, dan kembalinya negara Suriah sendiri kepada keluarga besar Arab. Semua ini akan menjamin keamanan dan stabilitas di Timteng. (mm/rtarabic)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*