ظريف: انقلب السحر على السعودية وانقصم ظهرهاWellington, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri Iran Mohammad javad Zarif menyatakan Arab Saudi sengaja menjatuhkan harga minyak dengan tujuan melumpuhkan perekonomian Iran dan supaya Teheran tidak dapat melanjutkan perundingan nuklirnya secara terhormat dan bermartabat, namun tujuan ini gagal dan bahkan membuat Saudi sendiri dan sekutunya terpaksa mencari pinjaman internasional.

“Saudi menjatuhkan harga minyak untuk mematahkan punggung perekonomian Iran dan supaya kita tidak dapat melanjutkan perundingan dengan bermarbatat dan terhormat. Tapi, berkat pertolongan Allah Swt, penurunan harga minyak itu telah mengurangi kebergantungan kita kepada minyak dari 50% menjadi 30% sehingga Saudi dan sekutunya sendiri yang patah punggungnya dan terpaksa mengajukan permohonan utang internasional,” ungkap Zarif dalam pidatonya di depan warga negara Iran di Selandia Baru, Minggu (13/3, sebagaimana dilansir FNA. (Baca: Anggaran Defisit, Saudi Terpaksa Cari Pinjaman)

Dia melanjutkan bahwa anak-anak bangsa Iran telah terlibat aktif dalam pemilu 2013 maupun dalam pemilu parlemen dan Dewan Ahli yang berlangsung belum lama ini. Menurutnya, besarnya partisipasi rakyat dan kesuksesan pemilu 2016 telah menimbulkan rasa frustasi dalam diri semua pihak yang memiliki itikad buruk tergadap Iran.

Lebih jauh dia mengingatkan bahwa negaranya senantiasa memelihara hasrat dan apresiasinya terhadap dialog dan negosiasi dengan negara-negara dunia. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL