Istanbul, LiputanIslam.com –  Sebuah pemandangan menarik terjadi di sela sidang darurat Organisasi Kerjasama Islam (OKI) di Istanbul, Turki, Selasa (1/8/2017). Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir berjabat tangan dengan sejawatnya dari Iran, Mohammad Javad Zarif, di saat hubungan kedua negara bertetangga di kawasan Teluk Persia ini sudah sekian lama tegang akibat sederet persoalan, termasuk krisis Suriah dan Yaman.

Kantor berita resmi Iran, IRNA, menyebutkan bahwa ketika hendak memasuki ruang konferensi OKI al-Jubeir menghampiri Zarif kemudian berjabat tangan dengannya. Tak hanya itu, al-Jubeir juga mendekap Zarif dan kemudian keduanya saling bertegur sapa dan berbicara.

Menanggapi kejadian ini Zarif mengatakan bahwa apa yang dilakukan sejawatnya dari Saudi merupakan sesuatu yang biasa dalam tradisi diplomatik. Namun demikian, Zarif juga mengatakan bahwa hal ini juga karena di masa lalu sudah pernah pernah terjalin hubungan baik antara keduanya.

“Perlakuan ini karena saling menghormati, dan juga karena saya sudah lama bersahabat dengan al-Jubeir,” tuturnya.

Para menteri luar negeri anggota OKI mengikuti sidang darurat organisasi ini untuk membicarakan perkembangan situasi Baitul Maqdis di Istanbul, Selasa.

Menlu Iran mengapresiasi pemerintah Turki selaku tuan rumah pertemuan ini kemudian mengecam keras tindakan agresif Rezim Zionis Israel.

“Kami mengecam keras serangkaian agresi Zionis yang sama sekali tidak peduli kepada hukum internasional dan bertujuan mengubah status sejarah haram sharif (Masjid al-Aqsa) ,mengubah komposisi penduduk, dan mengontrol tempat-tempat suci di jantung al-Quds (Baitul Maqdis/Yerussalem),” tegasnya.  (mm/irna/tasnim)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL