Teheran, LiputanIslam.com –  Menlu Iran Mohammad Javad Zarif mengecam Amerika Serikat (AS) dan menyebutnya terlibat dalam bencana kemanusiaan terbesar di dunia  karena memberikan dukungan tanpa kendali kepada agresi Arab Saudi terhadap Yaman.

Melalui halaman Twitter resminya, Kamis (29/3/2018), Zarif menyatakan bahwa AS tampak masih belum puas meskipun selama ini telah berperan mengipasi api perang Yaman, termasuk dengan cara menyuplai Saudi dengan bom dan melayani pengisian bahan bakar jet tempur Saudi.

Zarif menambahkan bahwa AS  mengakui keterlibatannya dalam mengelola serangan udara Saudi, dan dengan demikian AS terlibat dalam bencana kemanusiaan terbesar di dunia.

Pernyatan ini dikemukakan Menlu Iran dua hari setelah Menhan AS James Mattis mengatakan bahwa militer AS “melakukan perencanaan” serangan militer  Saudi terhadap Yaman.

“Jadi ini adalah semacam manajemen medan perang yang sangat dinamis,” tambahnya.

Mattis mengakui keterlibatan AS dalam pengisian bahan bakar jet tempur Saudi di udara, dan berdalih bahwa pengisian bahan bakar ini dapat membantu menekan jumlah korban sipil di Yaman. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*