John Kerry Chairs UN Security Council Meeting On IraqBaghdad, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri Irak Ibrahim Jaafari dalam pertemuan dengan Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Irak Jan Kubis menyatakan bahwa kawanan teroris yang bercokol Irak berasal dari 100 negara. Bersamaan dengan ini dinyatakan bahwa sejak awal tahun ini sampai sekarang sebanyak 1452 teroris tewas di tangan polisi federal Irak.

“Kami berhadapan dengan para teroris yang datang dari 100 negara dunia, dan untuk memerangi mereka diperlukan peningkatan bantuan internasional kepada Irak,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dalam siaran persnya yang dirilis Minggu malam (15/5) dan dilansir oleh situs al-Youm7.

Dia mengimbau lembaga-lembaga internasional agar mengemukakan fakta-fakta di Irak kepada khalayak dunia dan tidak menciptakan kesan negatif terhadap Negeri 1001 Malam ini.

“Pengorbanan dan sepak terjang berbagai kelompok pejuang anti terorisme harus dikemukakan kepada khalayak dunia, dan mengenalkan kepada mereka citra Irak yang sesungguhnya dalam pemberantasan terorisme,” katanya.

Menurutnya, di tengah situasi krisis dewasa ini apa yang sedang diupayakan Baghdad tak lain adalah menjaga integritas Irak dengan mengandalkan semua kekuatan nasionalnya, dan menciptakan pergerakan demokrasi yang lebih kongkret.

Sementara itu, menurut laporan al-Sumaria News, Juru Bicara Kenterian Dalam Negeri Irak Saad Maan menyatakan sebanyak 1,452 teroris tewas di tangan polisi federal Irak sejak awal tahun 2016 sampai sekarang.

Selain itu, polisi federal Irak selama ini juga berhasil membebaskan 318 kota, desa dan kawasan dari pendudukan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), membersihkan 281 bangunan dan rumah dari bom dan bahan peledak aktif, dan menghancurkan 181 sarang dan tempat persembunyian ISIS.

Di bagian lain, sebagaimana dilansir IRNA, relawan Irak al-Hasdh al-Shaabi menyatakan bahwa operasi militer pembebasan daerah antara distrik Haditha dan kawasan Baghdadi di barat kota Ramadi telah dimulai, dan pasukan-pasukan yang terlibat dalam operasi sudah berhasil membebaskan beberapa kawasan di daerah tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL