Baghdad, LiputanIslam.com – Menteri Luar Negeri Irak Mohammad Ali al-Hakim menyatakan bahwa dalam pertemuan dengan sejawatnya dari Iran, Mohammad Jawad Zarif, telah berdiskusi dengannya untuk mendukung upaya Baghdad mengembalikan Suriah ke komunitas Liga Arab.

“Kami membahas dengan Menteri Luar Negeri Iran solusi untuk membasmi terorisme di Suriah dan mendukung pemerintah Suriah serta integritas teritorial dan kedaulatannya atas semua wilayah Suriah,” kata al-Hakim dalam konferensi pers bersama Zarif usai pertemuan antara keduanya  di Baghdad, Ahad (13/1/2019).

Dia melanjutkan, “Kami juga membahas dukungan untuk upaya Irak dalam mengembalikan Suriah ke Liga Arab.”

Dalam peristiwa terpisah, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javadzarif pada pertemuan dengan kepala aliansi reformasi dan rekonstruksi, Ammar al-Hakim, mengatakan  bahwa Presiden Iran Hassan Rouhani ke Irak dalam waktu dekat ini akan berkunjung ke Irak.

Zarif tiba di Baghdad pada hari Minggu sore waktu setempat selaku ketua delegasi ekonomi Iran yang terdiri atas sekitar 30 pejabat untuk kunjungan selama seminggu.

Zarif hari ini, Senin (14/1/2019), dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Irak Adel Abdul Mahdi, Ketua Parlemen Mohammad Halbouss, dan Presiden Barham Salih.

Menurut kedutaan Besar Iran untuk Irak di Baghdad, Zarif juga akan berkunjung ke Arbil di wilayah Kurdistan di Irak. (mm/rt/alsumaria)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*