Moskow, LiputanIslam.com –  Menhan Rusia Sergey Shoygu dalam pertemuan dengan sejawatnya dari Iran, Amir Hatami, menjelang Konverensi Moskow untuk Keamanan Internasional, Selasa (3/4/2018), memuji partisipasi Iran dalam penumpasan teroris di Suriah.

Mengenai konferensi yang diselenggarakan pada 4-5 April 2018 itu sendiri dia mengatakan, “Tema utama konferensi ini berkenaan dengan negara kita, dan kita telah bekerjasama di Suriah hingga membuahkan hasil-hasil signifikan dan dapat membebaskan sebagian besar wiayah Suriah dari teroris internasional.”

Dia menambahkan, “Tema utamanya ialah penguatan keamanan di kawasan ini, dan beralih ke pemulihan kehidupan di Suriah serta kembalinya para pengungsi ke rumah mereka.”

Dia juga mengatakan bahwa masalah inilah yang juga akan dibicarakan oleh para kepala negara Rusia dan Iran di Ankara, Turki, Rabu (4/4/2018).

Di pihak lain, Menhan Iran Amir Hatami memastikan kesiapan negaranya melanjutkan kerjasama “sampai tertumpasnya teroris terakhir di Suriah dan tegaknya stabilitas di sana.”

Dia juga menekankan penguatan kerjasama bilateral Rusia-Iran karena memang ada cakrawala yang cerah bagi kerjasama keduanya di bidang teknologi militer setelah tercapainya perjanjian nuklir Iran dengan enam negara terkemuka dunia, serta di bidang manuver bersama dan pelatihan para kader.

Menurutnya, ada berbagai upaya pihak lain untuk mengusik kerjasama Teheran-Moskow, tapi dia juga memastikan bahwa semua itu dapat diatasi dengan akselarasi kerjasama. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*