Singapura, LiputanIslam.com – Menhan Qatar Khalid al-Atiyyah menyatakan negaranya tidak akan pernah terlibat dalam perang terhadap Iran. Dia juga menilai Amerika Serikat (AS) tidak akan mengobarkan perang terhadap Iran.

Dalam konferensi keamanan di Singapura, Minggu (3/6/2018), dia mengatakan ada banyak perselisihan antara Qatar dan Iran.

“Namun hal ini tidak lantas berarti kita harus bergegas untuk perang terhadapnya,” lanjut  al-Atiyyah, seperti dikutip Fox News.

Dia menambahkan, “Apakah bijaksana kami mengajak AS dan Israel memerangi Iran. Saya kira, upaya pihak ketiga untuk mendorong kawasan atau suatu negara di kawasan untuk menyulut perang terhadap Iran sangatlah berbahaya.”

Al-Attiyyah yang negaranya menjalin hubungan baik dengan Iran juga menuturkan, “Iran adalah negara jiran, kami harus duduk bersamanya dan mendiskusikan semua perkara dengannya demi terwujudnya perdamaian di kawasan, bukan perang.”

Mengenai apakah Qatar akan memperkenankan penggunaan pangkalan udaranya untuk melancarkan serangan udara ke Iran dia menjawab, “Qatar tidak akan terdorong menuju perang, Qatar menyokong dialog dan perundingan…. AS cukup bijaksana untuk tidak masuk ke dalam perang terhadap Iran.”

Dia berharap perjanjian nuklir Iran dengan negara-negara terkemuka dunia tetap dipertahankan meskipun AS telah keluar darinya. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*