israel moshe yaalonTel Aviv, LiputanIslam.com – Menteri Pertahanan Israel Moshe Ya’alon menyatakan negaranya berada dalam satu kubu dengan Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA) dan Mesir.

“Musuh Israel, Arab Saudi, UEA dan Mesir adalah para Islamis. Israel dan front yang menghimpun Mesir, Arab Saudi dan UEA memiliki musuh yang sama,” katanya kepada TV Blomberg, AS, sebagaimana dikutip Alalam Sabtu, (25/10).

Menurutnya, para ekstrimis Muslim yang menjadi musuh kubu tersebut praktis tidak mendapat dukungan dari negara-negara Arab itu.

“Kelompok-kelompok (Islamis) ini tidak mendapat dukungan apapun dari negara-negara tersebut,” klaimnya.
Mengenai Turki dia mengatakan bahwa presiden negara ini, Recep Tayyip Erdogan, mendukung kelompok Islamis Ikhwanul Muslimin.

“Sedangkan Recep Tayyip Erdogan, dia termasuk pendukung Ikhwanul Muslim, sementara Turki adalah anggota NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara). Yang terlihat ialah bahwa peta geopolitik kawasan berubah dengan cepat, dan Israel berinteraksi dengan keadaan dan perubahan sesuai kepentingannya,” papar Ya’alon.

Banyak analis mempertanyakan esensi kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan sejauh mana hubungannya dengan Israel, terutama setelah beredar banyak laporan bahwa tak sedikit anggota ISIS yang cidera mendapat perawatan di rumah sakit di kota-kota Israel. Di saat demikian, Menhan Israel kembali menuding Hamas sama persis dengan ISIS.

Dia mengatakan, “Hamas dan ISIS berasal dari pohon yang sama.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL