AlQuds, LiputanIslam.com –  Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman memberi isyarat bahwa tidak tertutup kemungkinan negara Yahudi Zionis ini menyerang sasaran-sasaran Iran di Irak jika keberadaan Iran di Negeri 1001 Malam ini dinilai mengancam keamanan Israel.

Dalam konferensi yang diadakan oleh sebuah perusahaan media Israel, Senin (3/9/2018), Lieberman menegaskan negaranya akan menyerang tempat manapun jika dirasa perlu.

Ketika ditanya soal laporan bahwa dalam beberapa bulan terakhir ini Iran mempersenjatai kelompok-kelompok sekutunya di Irak dengan rudal-rudal balistik, dia mengatakan, “Kita akan menghadapi segala bentuk ancaman Iran, dari manapun asalnya…. Kebebasan kita penuh untuk bertindak.”

Israel selama ini bersumber untuk menghentikan konsentrasi Iran di Suriah di mana Iran bersama Rusia mendukung pemerintahan Presiden Bashar al-Assad dalam perang melawan pemberontak dan teroris sejak tahun 2011 sampai sekarang.

Israel juga mengaku telah melancarkan puluhan kali serangan ke Suriah terhadap sasaran-sasaran yang diklaimnya sebagai proses penyerahan senjata canggih Iran kepada kelompok pejuang Hizbullah yang berbasis di Lebanon namun juga terlibat dalam mendukung al-Assad di Suriah.

Ketika ditanya mengenai kemungkinan Israel menyerang posisi-posisi militer Iran di Irak atau di Iran sendiri, Lieberman mengatakan, “Kita tidak membatasi diri di wilayah Suriah saja, ini harus jelas.”

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Ahad lalu mengadakan pembicaraan dengan Utusan Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) James Jeffrey mengenai situasi di Suriah dan Iran. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*