menhan iran di moskowMoskow, LiputanIslam.com – Menteri Pertahanan Republik Islam Iran Hossein Dehghan menuding Arab Saudi bertanggungjawab atas berbagai konflik berdarah dan aktif mendanai kelompok-kelompok teroris di beberapa negara Timur Tengah.

“Arab Saudi berada di balik konflik-konflik bersenjata dan berlanjutnya pertumpahan darah di Suriah, Yaman dan negara-negara lain di kawasan,” ungkap Dehghan kepada wartawan di sela-sela Konferensi Moskow untuk Keamanan Internasional IV , Kamis (16/4), sebagaimana dilansir Alalam.

Menteri Pertahanan Iran menegaskan bahwa Arab Saudi, Amerika Serikat (AS) dan Israel sejak dulu sampai sekarang masih aktif memelihara kelompok-kelompok teroris di Afghanistan, kawasan Arab, Afrika utara, dan Kaukasus utara.

“Tiga negara ini konsisten mengacaukan stabilitas situasi di beberapa kawasan melalui pemeliharaan dan pendanaan kelompok-kelompok teroris demi mencapai tujuan-tujuan geopolitik,” ungkapnya.

Menurut Dehghan, apa yang dilakukan Saudi itu telah menghilangkan kehormatan negara-negara Islam dan dunia, dan cara demikian tidak membuat Riyadh berhasil meraih ambisinya.

Mengenai isu nuklir Iran, dia memastikan program nuklir yang dijalankan negaranya tak lain untuk tujuan damai dan tanpa ada ambisi untuk memiliki senjata nuklir.

“Barat pimpinan AS tahu persis hal ini,” katanya.

Dia juga menegaskan negara ini tidak akan pernah mundur dari hak-haknya untuk mengembangkan program nuklir bertujuan damai.
Ditanya wartawan mengenai sistem pertahanan udara S-300 yang telah disepakati oleh Iran dan Rusia, Dehghan menjelaskan bahwa masalah ini bermula sejak enam tahun silam.

“Bagian-bagian penting dari pasal-pasal kesepakatan itu akan tuntas sesuai format baru yang berbeda dengan sebelumnya,” ujarnya.

Dia mengatakan, kesepakatan mengenai kesanggupan Rusia untuk menyerahkan sistem itu sudah terjalin daam pertemuan dengan sejawatnya Sergey Shoygu , dan Teheran berharap dapat diimplementasikan paling lambat akhir tahun ini. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL