TelAviv, LiputanIslam.com –  TV Channel 10 milik Israel mengungkap sepak terjang negara Zionis ilegal ini untuk memulihkan hubungan diplomatik dengan Sudan, dan dalam rangka ini sebuah pertemuan rahasia antara para pejabat Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Israel dan para pejabat Kemlu Sudan telah dilakukan secara rahasia di kota Istanbul, Turki.

Channel itu mengutip keterangan sumber diplomatik papan atas yang menolak disebutkan identitasnya bahwa delegasi Kemlu Israel telah mengadakan pertemuan rahasia dengan para petinggi Sudan di Istanbul pada tahun lalu demi mengupayakan dialog antara kedua negara.

Menurut sumber itu, diplomat Israel yang menghadiri pertemuan itu adalah Bruce Kashdan, orang yang sejak awal tahun 1990-an telah bekerja sebagai delegasi khusus Kemlu Israel untuk negara-negara Arab Teluk Persia dan sekarang menjabat sebagai delegasi khusus untuk Sudan. Misi Kashdan sebagian besar terfokus pada upaya menjalin hubungan diplomatik dengan negara-negara yang tidak menjalin hubungan itu dengan Israel.

Sumber itu menjelaskan bahwa Kashdan pada tahun lalu telah mengadakan pertemuan dengan sekelompok pejabat Sudan, termasuk asisten Mohammad Ata, wakil ketua badan intelijen Sudan saat itu dan kini menjabat sebagai duta besar Sudan untuk Amerika Serikat.

Pertemuan itu diselenggarakan di kantor seorang pengusaha Turki yang dekat dengan Presiden Sudan Omar al-Bashir, dan kedua pihak membahas upaya normalisasi hubungan bilateral dan kemungkinan Israel membantu Sudan di bidang-bidang ekonomi, kesehatan, dan pertanian.

Juru bicara Kemlu Israel Emmanuel Nahshon tidak membantah laporan tersebut dan hanya berkata, “Tak ada komentar.”

Sebelumnya, Otoritas Penyiaran Israel menyatakan bahwa ada tindakan-tindakan rahasia untuk kunjungan resmi yang akan dilakukan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ke Sudan dalam rangka mengupayakan terjalinnya hubungan erat Israel dengan Sudan. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*