Damaskus, LiputanIslam.com –  Berbagai sumber menyebutkan adanya gerakan dan negosiasi mendesak untuk persiapan bagi kepulangan sejumlah besar kawanan bersenjata asal Ghouta Timur yang semula menolak rekonsiliasi sehingga memilih relokasi ke Suriah utara daripada tetap tinggal di Ghouta Timur.

Laman Al-Jadeed, Rabu (1/8/2018), melaporkan bahwa dewasa ini sedang dipersiapkan daftar-daftar nama banyak orang yang berminat untuk kembali dari Suriah utara ke Ghouta Timur dan menjalani proses pemulihan statusnya setelah mereka mengalami merasa mendapat perlakuan yang mengecewakan dan bahkan tekanan selama berada di kamp-kamp yang didirikan Turki di Suriah utara.

Disebutkan bahwa kawanan bersenjata yang berasal dari Ghouta Timur mendapat tekanan dari kawanan bersenjata Perisai Furat yang didukung Turki, dan kelompok Ahrar Sham mulai melancarkan operasi pengusiran kelompok Failaq al-Rahman asal Ghota Timur dari rumah-rumah penampungan mereka di Afrin.

Di sejumlah kawasan di bagian utara provinsi  Aleppo, khususnya Afrin, terjadi kontak senjata sehari-hari antara Perisai Furat di satu pihak dan kelompok-kelompok bersenjata lain yang berasal dari Ghouta Timur.  (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*