jet-tempur-turkiAleppo, LiputanIslam.com –  Beberapa jet tempur Turki bermaksud melanggar zona udara Suriah tapi tak jadi setelah mendapat peringatan dari pasukan Suriah dan Rusia, Jumat (28/10/2016). Demikian dikatakan sumber keamanan Suriah kepada lembaga pemberitaan Sputnik milik Rusia.

Jauh hari sebelunya,komando umum pasukan Suriah sudah mengingatkan bahwa jika jet tempur Turki melanggar lagi zona udara Suriah maka “akan ditindak tegas dan dijatuhkan dengan semua sarana yang tersedia.”

Turki juga diingatkan bahwa pelanggaran zona udara Suriah hanya akan menyebabkan akibat yang fatal, mengancam keamanan dan stabilitas regional, dan membuat para teroris semakin merajalela.

Ancaman Suriah itu sendiri dikemukakan menyusul serangan udara Turki yang menyebabkan tewasnya sekira 150 warga sipil di beberapa daerah di utara provinsi Aleppo.

Turki bersikeras ingin bergerak menuju Aleppo dengan dalih memerangi teroris, dan belum lama ini Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga menyatakan pasukannya akan bergerak menuju kota al-Abab di provinsi Aleppo untuk menumpas ISIS dengan operasi bersandi Perisai al-Furat.

Disebutkan bahwa pada 24 Agustus lalu Turki telah memulai operasi dengan sandi itu bersama milisi pemberontak Suriah Jaish al-Hur di kota Jarablus di Suriah utara dengan dalih menumpas teroris, khususnya ISIS, di kota ini dan kawasan perbatasan. Sejak itu pasukan Turki dilaporkan menguasai 156 kawasan yang terdiri atas kota, distrik, dan desa dengan total luas yang diperkirakan mencapai 1,265 km persegi.   

Sementara itu, Menlu Suriah Walid al-Moallim dalam jumpa pers bersama sejawatnya dari Rusia dan Iran di Moskow menuding pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) berusaha melarikan ISIS dari Mosul ke kota Raqqah di Suriah.

“Pasukan koalisi yang dipimpin AS ingin memindahkan para petempur ISIS dari kota Mosul, Irak, ke kota Raqqah yang menjadi markas besar ISIS di Suriah,” katanya.  (mm/rt/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL