Iraqi-soldiersFallujah, LiputanIslam.com – Satu lagi gembong Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIL) dilaporkan tewas di tangan tentara Irak. Jaringan berita televisi al-Iraqia melaporkan satu gembong militan yang tewas itu bernama Abu Hamad al-Muhajir yang dikenal sebagai menteri dalam negeri ISIL.

Tanpa menyebutkan kapan dia terbunuh, laporan TV al-Iraqia yang dikutip situs al-Sumaria menyebutkan bahwa al-Muhajir tewas bersama enam anak buahnya di kawasan sekitar Fallujah, provinsi al-Anbar.

Menurut al-Sumariya, para komandan operasi militer Irak di al-Anbar Jumat (25/4/2014) menyatakan bahwa sebanyak 24 militan ISIL tewas dan luka-luka terkena serangan pasukan Irak dalam dua operasi keamanan di Fallujah.

TV al-Iraqia melaporkan bahwa badai operasi militer Irak telah menggempur tempat konsentrasi ISIL di kawasan al-Amiria, Fallujah, mengakibatkan tujuh militan tewas dan 12 militan lainnya menderita luka-luka. Selain itu, tiga kendaraan milik ISIL juga hangus terbakar.

TV ini menambahkan bahwa dua militan lagi anggota ISIL tewas dan tiga lainnya cidera diserang Pasukan Reaksi Cepat Irak di kota Saqlawiyah dalam operasi “al-Jazeerah dan al-Badia”. Beberapa pesawat tempur Irak juga menggempur kelompok-kelompok militan di al-Ramadi dan Fallujah.

Sementara itu, pihak rumah sakit umum Fallujah menyebutkan tiga orang menderita luka-luka terkena serangan peluru mortir militan terhadap beberapa area permukiman di kota ini.

Provinsi al-Anbar beserta  ibu kotanya, al-Ramadi, menjadi ajang operasi militer Irak secara masif untuk menumpas ISIL di wilayah luas Irak yang berbatasan dengan Jordania dan Suriah tersebut sejak 21 Desember 2013. Dalam operasi ini tentara Irak juga mengerahkan beberapa helikopter tempur serta dibantu oleh milisi dari beberapa kelompok suku. Operasi ini sampai sekarang masih berlanjut. (mm/alsumaria)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL