operasi irak di al-karmahBaghdad, LiputanIslam.com –  Anggota parlemen daerah al-Huwaijah, Irak, Abdulraman Saad al-Obeidi, menyatakan bahwa Taufik al-Haiti yang disebut-sebut sebagai menantu pemimpin ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, dan merupakan salah komandan senior kelompok teroris ini terbunuh dalam sebuah operasi militer.

“Taufik al-Haiti, menantu pemimpin ISIS, tewas dalam peristiwa serangan pasukan militer (Irak) ke kawasan al-Saharij di daerah al-Huwaijah dengan roket dan mortir. Dia adalah komandan teroris ISIS di al-Huwaijah dan mufti para teroris di daerah ini,” katanya, sebagaimana dilansir Sky Press, Irak. Kamis (4/6).

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Irak di hari yang sama mengumumkan lebih dari 75 anggota ISIS terbunuh dalam operasi militer Irak di utara Tikrit dan al-Karmah.

“Dalam operasi di utara Tikrit sebanyak 40 teroris ISIS tewas, dan beberapa perlengkapan militer mereka, termasuk empat kendaraan lapis baja hancur,” terangnya.

Dia menambahkan bahwa sebanyak 35 anggota ISIS lainnya juga terbunuh di utara al-Karmah, provinsi Anbar dan delapan kendaraan mereka luluh lantak.

Saadun Khanfar, salah satu komandan pasukan adat Irak mengenai kejadi yang sama mengatakan, “Pasukan militer gabungan Irak telah menghancurkan tempat-tempat persembunyian ISIS di kawasan al-Karaah dan Albushaihah di utara al-Karmah dan delapan mobil mereka hancur.”

Sebelumnya, komandan wilayah operasi Baghdad Brigjen Saad Moein menyatakan tentara Irak berhasil mengendalikan kawasan al-Karmah dan menjadikannya “kuburan bagi pasukan teroris ISIS”.

Sementara itu, pakar militer dan keamanan Irak Hisham al-Hashemi memastikan ISIS mengeksploitasi seribu anak kecil dan remaja di Mosul untuk berperang dan melancarkan serangan bom bunuh diri setelah menjalani pelatihan intensif selama dekapan bulan di Mosul, ibu kota provinsi Ninawa, Irak, yang dikuasai ISIS.

“Selama masa pelatihan itu ISIS telah mencuci otak anak-anak kecil dan remaja, menanamkan faham tertentu kepada mereka, termasuk mengafirkan orang-orang lain, dan menjalankan pelatihan militer kepada mereka untuk melancarkan serangan bom bunuh diri,” paparnya.    (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL