Teheran, LiputanIslam.com –  Presiden petahana Iran, Hassan Rouhani,  terpilih lagi dalam pilpres yang diselenggarakan Jumat lalu (19/5/2017). Dalam pidato televisi usai pengumuman kemenangannya dalam pemilu, Sabtu (20/5/2017), dia menegaskan bahwa dengan partisipasi yang besar dalam pemilu ini bangsa Iran telah menjejakkan satu langkah besar di jalan kemaslahatan nasional.

“Saya berharap dapat mewakili bangsa Iran dalam mewujudkan keinginan-keinginanya,” ungkap Rouhani.

Dia menjelaskan bahwa pemilu ini telah menjadi gelanggang pengambilan keputusan dan kepercayaan kepada kedaulatan rakyat nan agamis, serta membuktikan kekompakan dan persatuan mereka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di mana presiden mengabdi kepada mereka.

“Bangsa Iran telah memperlihatkan sebuah perjuangan dalam pemilu di mana pemenangnya adalah kebebasan, kemerdekaan, dan kedaulatan nasional,” tuturnya.

Dia kemudian menegaskan bahwa pemilu di Iran membawa pesan betapa demokrasi dapat ditegakkan tanpa campurtangan kekuatan-kekuatan asing, dan masyarakat dunia juga mengetahui dengan baik bahwa bangsa Iran bergaul dalam posisi pantang tunduk kepada ancaman siapapun.

Sebagaimana diumumkan oleh Kemendagri Iran, Rouhani memenangi pilpres ke-12 dengan perolehan suara 57%, sementara saingan beratnya,  Ebrahim Raisi, mengantongi suara 38%, dan dua capres lain Mostafa Mir-Salim dan Mostafa Hashemi-Taba mendapatkan suara kurang dari  5%. Dilaporkan bahwa tingkat partisipasi rakyat dalam pilpres ini mencapai 73%. (mm/alalam/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL