Beirut, LiputanIslam.com –  Para pejuang Hizbullah Lebanon menyatakan bahwa pertempuran mereka melawan kelompok teroris takfiri Jabhat al-Nusra yang berkobar sejak beberapa hari lalu di Jaroud Arsal di wilayah perbatasan Lebanon-Suriah sudah hampir tuntas.

Seperti dilaporkan TV al-Manar milik Hizbullah, pejuang Muslim Syiah Lebanon ini Senin (24/7/2017) merilis statemen berisikan seruan kepada kawanan teroris yang tersisa di Jaroud Arsal supaya menghargai nyawa mereka dengan cara meletakkan senjata, angkat tangan, dan menyerah karena dengan demikian maka nyawa mereka terjamin amin.

Sebelumnya di hari yang sama, media propaganda perang Hizbullah melaporkan bahwa Hizbullah telah menguasai penuh kawasan Wadi al-Khail yang selama ini menjadi sarang utama Jabhat al-Nusra di Jaroud Arsal, dan merebut pula daerah Wadi al-Maisarah dan perbukitan Qal’at al-Hisn yang terhubung langsung dengan kawasan segi tiga pintu perbatasan al-Zamrani di bagian timur Jaroud Arsal.

Selain itu, prajurit Hizbullah juga telah memperkuat kontrolnya atas posisi-posisi Jabhat al-Nusra di Wadi Ma’ruf, Wadi Kahil,  Wadi Zaarour, Wadi al-Dam, dan Wadi al-Daqaid.

Hizbullah membantah rumor yang disebar oleh beberapa media lokal Lebanon bahwa Hizbullah telah menyerang rumah sakit lapangan di Jaroud Arsal. Al-Manar menyebutkan rumor itu sama sekali tidak benar.

Sementara itu, berbagai faksi dan kelompok kontra-Hizbullah yang semula bersikap kritis dan menolak operasi militer Hizbullah di Arsal belakangan ini terpaksa mengakui besarnya manfaat operasi tersebut bagi Lebanon, seperti terllihat jelas dalam analisis berbagai surat kabar Lebanon.

Koran al-Jumhuriyyah bahkan menyebut perang Hizbulah melawan al-Nusra sebagai perang melawan Zionis Israel, atau perang melawan kawanan teroris yang didanai oleh kubu imperialis dan negara-negara anteknya di Timteng.

Koran ini juga menyatakan bahwa pengorbanan Hizbullah tersebut menghasilkan ketenangan bagi seluruh rakyat Lebanon, baik Muslim Sunni dan Syiah maupun Kristen dan non-Muslim lainnya.

Apresiasi untuk Hizbullah juga termuat dalam koran al-Akbar yang menyatakan bahwa operasi Hizbullah di Jaroud Arsal tidak hanya mengalahkan al-Nusra melainkan juga menyudutkan pihak-pihak yang selama bersikap kontra-Hizbullah. Beberapa koran Lebanon lain termasuk al-Binaa dan al-Nahar juga memuji kehebatan dan kepahlawanan Hizbullah di Jaroud Arsal. (mm/rayalyoum/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL