ISIS di kota Dayr Hafir

Aleppo, LiputanIslam.com –  Pasukan Arab Suriah (SAA) dan sekutunya berhasil meraih kemajuan terbesar di bagian timur provinsi Aleppo setelah sekian bulan menjalani pertempuran melawan kelompok teroris ISIS.

Dilaporkan bahwa Jumat (24/3/2017) ISIS akhirnya terdesak mundur dan keluar dari kota Dayr Hafir setelah sekian lama kota ini menjadi salah satu markas besar mereka di provinsi Aleppo timur. Mereka mundur ke kota Maskanah dan bertahan di sana untuk membendung kemajuan baru SAA.

Dengan menguasai Dayr Hafir, SAA berhasil mengamankan sepenuhnya pangkalan udara Kweires dan posisinya di bagian timur provinsi Aleppo untuk pertama kalinya sejak 2014.

Di timur Damaskus, pertempuran sengit Jumat kemarin antara SAA dan kawanan bersenjata teroris dan oposisi memasuki hari  keenam.  Kantor berita Suriah, SANA, melaporkan bahwa dalam tiga hari terakhir tak kurang dari 157 kawanan bersenjata tewas, dan 25 peralatan tempur mereka, tiga di antaranya bom mobil, hancur.

Pasukan udara Suriah Jumat kemarin melancarkan serangan ke lokasi-lokasi pergerakan dan jalur suplai kawanan teroris dari Ghouta Timur menuju distrik Jobar hingga menewaskan dan melukai sejumlah teroris serta menghancurkan beberapa peralatan tempur mereka.

SAA juga berhasil mematahkan semua upaya serangan yang dilakukan oleh kelompok teroris Jabhat al-Nusra dan kelompok-kelompok sekutunya untuk memecah kepungan SAA terhadap kelompok-kelompok lain yang juga bersekutunya dengan al-Nusra di kawasan pabrik.

Ketua delegasi pemerintah Suriah dalam perundingan damai dengan kubu opisisi di Jenewa, Swiss, Ibrahim Jaafari mengatakan bahwa setiap kali perundingan damai dimulai serangan para teroris selalu saja menghebat.

“Babak kelima perundingan Jenewa dibarengi dengan menghebatnya operasi serangan Jabhat al-Nusra dan kelompok-kelompok yang berada di bawahnya,” ungkap Jaafari.

Dia juga mengatakan bahwa Turki dan sejumlah negara Arab Teluk Persia menyokong Jabhat al-Nusra yang sedang berlaga di provinsi Hama melawan tentara Suriah. (mm/raialyoum/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL