Washington, LiputanIslam.com –   Kementerian Luar Negeri Iran menyampaikan pesan kepada Amerika Serikat (AS) bahwa negara republik Islam itu tidak ingin perang dengan AS, menyusul insiden penembak jatuhan pesawat nirawak AS di atas wilayah Iran.

Kantor berita resmi Iran, IRNA, melaporkan bahwa Wakil Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araghchi, telah mengontak Duta Besar Swiss Markus Leitner, yang mewakili negara-negara Barat yang bermusuhan dengan Iran, termasuk AS.

Baca:  Trump Mengaku Urungkan Serangan ke Iran Beberapa Menit Sebelum Waktunya

“Ada bukti yang tidak dapat dipungkiri bahwa pesawat itu berada di wilayah udara Iran dan sebagian serpihannya ditemukan di perairan teritorial Iran,” kata Araghchi kepada duta besar Swiss, Jumat (21/6/2019).

Dia menambahkan, “Tindakan AS ini bukan yang pertama kalinya, itu sudah didahului oleh kasus-kasus lain.”

Baca:  Teheran Bantah Pemimpin Iran Terima Surat Ancaman dari Trump

Dia meminta Washington menghormati wilayah udara dan perairan teritorial Iran dan sepenuhnya mematuhi resolusi internasional. Dia juga menekankan bahwa Iran tidak menyerukan konfrontasi dan perang di kawasan Teluk Persia.

Di pihak lain, Duta Besar Swiss lantas mengaku akan “segera memberi tahu pemerintah AS mengenai rincian ini.” (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*