Nazaret, LiputanIslam.com –  Channel 10 Israel, Minggu (29/4/2018), mengungkap bahwa Putra Mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman telah memberitahukan kepada para pejabat Yahudi Amerika Serikat (AS) bahwa ada dua pilihan bagi Palestina; menerima proses perdamaian yang digagas AS dengan nama “Deal of The Century”, atau berhenti mengadu.

Pengamat Israel Barak Ravid mengatakan kepada Channel 10 bahwa pihak yang memberitahu para petinggi Yahudi AS “bukan sembarang negara Arab, melainkan Saudi”, dan “Putra Mahkota Saudi, Mohamed bin Salman, mengatakan hal itu pada 20 Maret lalu dalam pertemuannya dengan para delegasi berbagai organisasi Yahudi di New York.”

Menurut Ravid, dalam pertemuan itu Bin Salman telah melontarkan “perkataan yang indah”, yaitu bahwa dalam kurun waktu 40 tahun terakhir para pemimpin Palestina telah kehilangan kesempatan demi kesempatan karena menolak setiap inisiatif yang diajukan kepada mereka.

Ravid menjelaskan, “Bin Salman mengatakan bahwa telah tiba saatnya orang-orang Palestina menyetujui usulan-usulan yang datang, dan menyetujui kehadiran di meja perundingan, atau mereka membisu dan berhenti mengadu.”

Ravid menambahkan bahwa isu Palestina bukanlah prioritas bagi pemerintah maupun publik Saudi, karena yang lebih krusial bagi mereka adalah isu Iran.

Dia menyebutkan bahwa semua ini terungkap dalam surat rahasia yang dikirim diplomat Konsulat Jenderal Israel di New York serta dari tiga sumber lain yang hadir dalam pertemuan Bin Salman dengan para delegasi organisasi-organisasi Yahudi AS.

Di bagian akhir pernyataannya di Channel 10, Ravid mengatakan bahwa seorang sumber yang hadir dalam pertemuan itu mengatakan bahwa salah seorang yang hadir sedemikian terkejutnya oleh pernyataan Bin Salman itu sehingga terjatuh dari kursi.

Para pejabat Israel mengutip pernyataan Bin Salman di Washington bahwa isu Palestina tidak membuat Saudi tertekan, dan bahwa masalah Iranlah yang lebih krusial di mata Riyadh. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL