mayat isis di kobane2

Mayat para teroris ISIS bergelimpangan di kota Ain al-Arab (Kobane), Suriah. Sumber: AFP

Damaskus, LiputanIslam.com – Berbagai sumber di kota Ain al-Arab alias Kobane/Kobani menyatakan bahwa mayat teroris takfiri asal Arab Saudi anggota organisasi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) bertebaran di jalanan kota ini.

Sebagaimana dilaporkan Fars News dari Damaskus, ibu kota Suriah, mayat-mayat warga negara Saudi itu banyak yang mati bukan di tangan milisi Kurdi Suriah di Kobane ataupun serangan udara pasukan koalisi, melainkan ditembaki oleh pasukan ISIS sendiri karena mereka diketahui berusaha kabur dari medan pertempuran melawan milisi Kurdi yang tergabung dalam Unit Perlindungan Rakyat (YPG). Mereka tewas ditembaki oleh para anggota ISIS asal Suriah.

Sebuah sumber lokal yang tinggal di kawasan Bij di Kobane menyatakan banyak orang Saudi masuk ke kawasan ini. Mereka datang bahkan sambil memboyong anak dan isteri mereka. Dia menambahkan bahwa para anggota ISIS asal Saudi itu selain ikut berperang melawan para pejuang Kurdi juga banyak terlibat dalam penyiksaan penduduk setempat.

Sumber itu menjelaskan banyak mayat mereka terbiarkan begitu saja, belum sempat dievakuasi dan sebagian dibakar oleh anggota ISIS sendiri supaya identitas mereka tidak diketahui.

Menurutnya, mayat para anggota ISIS dari beberapa negara Arab lain yang umumnya dari kawasan Teluk Persia juga terlihat di jalan kota Kobane.

Dia mengatakan dewasa ini petempur ISIS masih bertahan di sisi selatan Kobane, dan beberapa informasi menyebutkan bahwa komando ISIS dalam perang di kota berpenduduk Kurdi ini ada di tangan para teroris takfiri asal Saudi.

Dua Kawasan Lagi Bebas Dari Kepungan ISIS

Dalam perkembangan terbaru perang Kobane, para pejuang Kurdi berhasil membebaskan dua kawasan di timur Kobane dari kepungan ISIS. Dengan pembebasan ini mereka kini berhasil menjangkau titik terakhir konsentrasi para pengungsi Kobane di bagian timur Suriah dekat perbatasan Turki.

Dua kawasan itu terkepung ISIS sejak beberapa bulan silam. Para pejuang Kurdi kini berhasil membuka jalur-jalur aman bagi pengungsi dan hewan-hewan ternak mereka ke arah pusat kota Kobane, dan kini tinggal kawasan Kur Ali di barat Kobane yang masih terkepung ISIS.
Sementara itu para pejuang Kurdi masih terlibat pertempuran sengit di beberapa desa di timur Kobane di bagian utara probinsi Aleppo.

Dalam perkembangannya mereka berhasil membebaskan desa-desa Marsamil, Maktalah Kafan, Diyaba, Kundag Usi dan Alishar, dan kini mereka sedang bergerak ke poros selatan menuju desa-desa Yadi Qawi, Takhti, Ramu dan Dauli. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL