Hassan-RouhaniTeheran, LiputanIslam.com – Presiden Iran Hassan Rouhani menyatakan dalam beberapa pekan mendatang negaranya mulai memasarkan uranium hexafluoride (UF6) dan memroduksi “adonan kuning” (yellow cake). Dia juga menegaskan bahwa Iran akan memiliki mesin-mesin sentrifugal yang lebih canggih.

Hal itu dikemukakan Rouhani dalam Press Exhibition ke-21 di Teheran, Minggu (8/11).

“Menjadi kebanggaan bagi kami secara nasional bahwa para delegasi rakyat (perunding nuklir Iran) berhasil melakukan pembelaan dengan baik dan penuh kehormatan atas hak-haknya yang sah,” ungkapnya, sebagaimana dikutip Alalam.

Dia menambahkan bahwa reaktor nulir Arak untuk tahap-tahap selanjutnya akan menjadi jauh lebih canggih.

“Kami tidak mengatakan bahwa hak kami hanyalah bertahannya reaktor Arak, melainkan juga bahwa reaktor ini harus maju dan tidak cukup hanya didirikan dan dikembangkan. Karena itu kelompok P-5+1 (negara-negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB) harus mendatangkan teknologi baru dan memasukkannya di bidang ini,” ungkapnya.

Dia kemudian menjelaskan bahwa dalam beberapa pekan mendatang Iran akan menjual UF6 dan membuat stok adonan kuning.

“Kami akan memasuki pasar perdagangan nuklir… mesin-mesin sentrifugal kami akan jauh lebih canggih daripada yang ada sekarang, sebab sesuai implementasi perjanjian, pada hari pertama akan dilakukan injeksi gas UF6 untuk pertama kalinya pada mesin-mesin sentrifugal IR-8, dan dengannya akan dilakukan pengayaan (uranium) pada level laboratorium, ” terangnya.

Presiden Iran juga menyinggung pencabutan lima ketetapan anti Iran yang dirilis oleh Dewan Keamanan PBB.
“Yang terjadi bukan hal ini saja, melainkan juga pengakuan resmi atas hak Iran melakukan pengayaan dalam ketetapan baru. Ini memang merupakan hak bagi semua negara, namun sampai sekarang belum ada pengakuan resmi atas hak pengayaan dalam kerangka keputusan internasional untuk negara non anggota tetap Dewan Keamanan,” tuturnya.

Di bagian akhir Rouhani menegaskan, “Prestasi besar yang terjadi bersamaan dengan dicabutnya sanksi zalim ini merupakan satu kebanggaan bagi bangsa Iran.” (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL