Irak's Victory

Irak’s Victory

Baghdad, LiputanIslam.com – Pasukan Irak berhasil membebaskan 1,500 orang penduduk kota Hit, provinsi Anbar, Irak barat, dari sekapan gerombolan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di sebuah ruang penjara bawah tanah di kota tersebut.

Keberhasilan ini dicapai setelah pasukan Irak berhasil menguasai sebagian kota Hit di sisi Sungai Eufrat yang membentang antara kota Ramadi dan kota Haditha di bagian barat Irak.

“Dalam proses operasi pembebasan dan pembersihan kota Hit dari tangan teroris ISIS pasukan Irak berhasil menemukan sebuah penjara besar di bawah tanah kota ini, dan di situ ISIS memenjarakan 1500 penduduk kota ini,” ungkap Kolonel Fadil al-Namrawi, sebagaimana dilansir AFP, Sabtu (2/4).

Malullah al-Obeidi, salah seorang pejabat lokal Anbar, mengatakan, “Jumlah orang yang disekap dalam penjara ini mencapai lebih dari 1500 orang yang sebagian besar adalah warga Hit.”

Hal yang sama juga dinyatakan oleh Wali Kota Hit Mahand al-Obeidi namun tanpa menyebutkan jumlah penduduk yang disekap ISIS.

“Pasukan Irak telah menemukan sebuah penjara besar di kota Hit,” katanya.

Dalam operasi akhir tahun 2015 pasukan Irak berhasil membebaskan kota Ramadi, ibu kota provinsi Anbar, dan pada tanggal 31 Maret lalu pasukan Irak mengumumkan dimulainya operasi pembebasan kota Hit yang terletak di wilayah perbatasan Irak – Suriah.

Sejauh ini pasukan Irak belum berhasil merebut sepenuhnya kota Hit, dan masih ada tiga kota lain yang diduduki ISIS di kawasan perbatasan Irak dengan Suriah dan Yordania, yaitu Fallujah, Rutbah dan Qaim.

Sabtu (2/3) dilaporkan bahwa begitu masuk ke kota Hit pasukan Irak langsung terlibat pertempuran sengit dengan ISIS hingga jatuh 30 korban tewas di pihak ISIS dan sebanyak tiga unit kendaraan kelompok teroris takfiri ini hancur. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL