Doha, LiputanIslam.com –  Mantan perdana menteri sekaligus mantan menteri luar negeri Qatar Syeikh Hamad bin Jassim al-Thani dalam pidatonya pada seminar di sebuah universitas negara ini menyerukan kepada dunia Arab agar menggalang kerjasama dengan Iran berdasarkan prinsip saling menghormati.

Dalam seminar bertema “GCC (Dewan Kerjasama Teluk); Tantangan Regional dan Masa Depan Hubungan Negara-Negara Tetangga” dia meminta negara-negara Arab menjalin hubungan baru dengan Iran demi meredakan ketegangan.

Dia memuji reaksi dan sikap Iran terhadap perkembangan situasi regional, dan menilai negara-negara GCC sebaiknya menjalin kerjasama dengan Iran dan menyudahi kebijakan pasif mereka selama ini dalam berbagai krisis di Timteng, termasuk Suriah.

“Negara-negara Arab Teluk tak berperan sebagai pemadam kebakaran di kawasan ini dan hanya cukup melontarkan kecaman dalam perkembangan,” kritik Syeikh Hamad.

Dia juga menyebutkan bahwa Suriah dewasa ini menjadi ujian konflik regional.

“Akibat krisis Suriah, dunia Arab mengalami stagnasi politik dan kebijakan standar ganda. Berlanjutnya krisis Suriah memperlihatkan tingkat kelemahan dan ketidak berdayaan negara-negara Arab,” katanya. (mm/rt/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL