NewYork, LiputanIslam.com – Majelis Umum PBB dengan suara mayoritas mutlak anggotanya menyetujui lima resolusi yang mendukung hak Palestina atas Rezim Zionis Israel.

Dilaporkan bahwa resolusi yang terpenting di antaranya terkait dengan kota al-Quds (Yerussalem) yang diduduki Israel. Majelis Umum menyerukan kepada negara-negara anggota agar tidak mengakui tindakan apapun yang dilakukan Israel di kota itu, mempertahankan statusnya seperti semula, dan menentang segala yang terjadi belakangan, terutama setelah pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) dari Tel Aviv ke al-Quds.

Resolusi penting lainnya ialah berkenaan dengan penyelesaian masalah Palestina melalui jalur damai, sedangkan tiga resolusi sisanya masing-masing berkenaan dengan; kontinyuitas kerja komisi PBB untuk masalah Palestina, yaitu komisi yang bertugas memonitor program media untuk pelatihan orang-orang Palestina di PBB untuk peliputan; kontinyitas kerja cabang hukum Palestina ke sekretariat PBB; dan kelanjutan kerja komisi yang memonitor pemenuhan hak orang-orang Palestina.

Duta Besar Palestina untuk PBB Riyad Mansour menyatakan bahwa dengan menyetujui lima resolusi pro-Palestina itu Majelis Umum PBB telah menegaskan dukungan dan pembelaannya kepada Palestina meskipun AS mengerahkan segenap upayanya untuk membendung dukungan ini. (mm/wafa)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*