Ramallah, LiputanIslam.com – Presiden Palestina Mohmoud Abbas tidak akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang diselenggarakan di Istanbul, Turki, untuk membahas perkembangan al-Quds dan pembantaian warga Palestina di Gaza oleh Israel belakangan ini.

Tanpa menyebutkan alasan ketidak hadiran itu, kantor berita Palestina, Wafa, Jumat (18/5/2018), melaporkan bahwa meskipun Abbas tidak hadir namun diwakili oleh Perdana Menteri Palestina Rami Hamdalah yang sudah bertolak ke Istanbul untuk mengikuti KTT luar biasa OKI.

KTT ini sendiri diselenggarakan atas inisiatif Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menyusul pemindahan Kedubes Amerika Serikat untuk Israel dari Tel Aviv ke Al-Quds (Yerussalem) dan serangan pasukan Israel terhadap massa Palestina yang menggelar unjuk rasa akbar di kawasan perbatasan Jalur Gaza-Israel hingga sebanyak 62 orang Palestina gugur dan lebih dari 3000 lainnya terluka pada 14-15 Mei lalu.

Turki mengumumkan masa berkabung tiga hari atas tragedi itu dan menyatakan kesiapannya mengirim pesawat untuk memindah para korban luka ke Turki agar mendapat perawatan secara lebih memadai, namun Israel dan Mesir tidak mendukung kesiapan Turki tersebut.

Juru bicara kepresidenan Turki menyatakan bahwa KTT luar biasa OKI di Istanbul akan membahas pendirian dan langkah negara-negara Islam untuk membela Palestina dan Al-Quds melalui kerjasama dan solidaritas dengan pemerintah otonomi dan rakyat Palestina. (mm/rayalyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*