ثلاثة مرشحين يتنافسون على منصب رئاسة الجمهورية السوريةDamaskus, LiputanIslam.com – Mahkamah Agung Konstitusi Suriah menyetujui aplikasi pencalonan tiga nama sebagai presiden Suriah, yaitu presiden incumbent Bashar al-Assad, Maher Abdul Hafiz Hajjar dan Hasan Abdullah al-Nouri.

Demikian diumumkan oleh Juru Bicara Mahkamah Agung Konstitusi Suriah, Majid Khadra, Minggu (5/5/2014), sebagaimana diberitakan kantor berita resmi Suriah, SANA.

Dia menambahkan bahwa para pendaftar lain yang pencalonannya tidak diterima oleh mahkamah berhak mengajukan pengaduan kepada mahkamah dalam jangka waktu paling lambat tiga hari, yaitu mulai Minggu 5 Mei sampai dengan Rabu 7 Mei 2014.

Menurut Khadra, mahkamah juga menyerukan kepada para pendukung masing-masing kandidat yang sudah diterima itu supaya tidak melakukan sebentuk kegiatan promosi atau kampanye sebelum dikeluarkan pengumuman final mengenai para kandidat yang sudah diterima.

Pengumuman dinyatakan masih belum final karena nama-nama yang sudah diterima itu masih perlu mendapatkan persetujuan tertulis dari sedikitnya 35 anggota parlemen Suriah. Jika tidak maka aplikasi pencalonan mereka akan dianulir.

Juru bicara parlemen Suriah mengumumkan bahwa pemungutan suara akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama diselenggarakan pada tanggal 28 Mei 2014 untuk warga Suriah yang berada di luar negeri. Di tahap ini mereka dapat memberikan suara di kotak-kotak pemungutan suara yang akan di adakan di setiap Kedutaan Besar Suriah.

Tahap kedua akan diselenggarakan pada tanggal 3 Juni 2014 untuk memungut suara rakyat berhak pilih yang ada di dalam negeri. (mm/sana)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL