macan suriah suhail al-hassan

“Macan Suriah” Kolonel Suhail al-Hassan dalam sebuah wawancara televisi

Damaskus, LiputanIslam.com – Pasukan Arab Suriah (SAA) terus melancarkan operasi militer di provinsi Rif Hamah dan berhasil memasuki kota Halfaya yang selama ini menjadi pangkalan utama kelompok ekstrimis takfiri Front al-Nusra, Kamis kemarin (11/9).

FNA dari Damaskus melaporkan bahwa operasi pembersihan berbagai kota dan daerah Suriah dari teroris oleh pasukan pemerintah tersebut kemarin menghasilkan perkembangan signifikan di mana tentara Suriah memasuki kota Halfaya setelah sekitar 1500 anggota al-Nusra memilih kabur dari kota itu pada dini hari.

Pasukan Suriah dibawah komando Suhail al-Hassan, perwira berpangkat kolonel  yang tenar dengan julukan “Macan Suriah” dan merupakan prajurit kesayangan Presiden Bahsrar al-Assad, itu masuk ke Halfaya setelah dalam beberapa hari terakhir ini berhasil mencapai banyak kemajuan pesat dan gemilang di Rif Hammah, termasuk kawasan sekitar bandara militer Hamah.

Sekarang SAA dilaporkan sibuk melakukan sterilisasi Halfaya dari kranjau dan bom-bom yang dipasang bertebaran di berbagai penjuru kota.

Berbagai sumber berita lain menyebutkan bahwa kelompok-kelompok ekstrimis bersenjata mengakui keberhasilan SAA tersebut. Mereka mengatakan bahwa “Pasukan Macan” bersama milisi Pasukan Pertahanan Nasional Suriah telah menguasai Halfaya setelah terlibat pertempuran sengit dengan kawanan bersenjata dan keluarnya Front al-Nusra.

Sumber-sumber pemberitaan kubu oposisi Suriah menyatakan bahwa 1500 militan bersenjata yang bercokol di Halfaya dan sebelumnya sudah menyiapkan diri untuk perang bersandi “Pembebasan Mahardah” tiba-tiba menghilang secara mengejutkan dan tanpa bekas. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL