hizbullah di pegunungan lebanonBeirut, LiputanIslam.com – Pasukan Hizbullah, Lebanon, Rabu (6/5) menggempur sebuah tempat perkumpulan para komandan lapangan kelompok-kelompok teroris takfiri mengakibat empat orang di antara mereka tewas.

Serangan telak Hizbullah itu terjadi di dataran tinggi barisan pegunungan di bagian timur Lebanon yang berbatasan dengan Suriah dan bersebelahan dengan pegunungan Qalamoun, Suriah.

Pasukan Hizbullah semula menggempur tempat itu dengan roket yang kemudian segera disusul dengan serangan mortir hingga terjadi kebakaran hebat di tempat tersebut.

Menurut laporan IRNA, banyak kawanan takfiri yang tewas dan luka di tempat itu, sementara beberapa kendaraan dan peralatan tempur mereka hancur.

Empat komandan teroris takfiri yang tewas diketahui bernama Abu Wadi’ komandan Jabhah al-Nusra di kawasan al-Habbah, Abu Fatimah komandan Brigade al-Shuqur al-Muhammadiyah, Abu Faraj al-Amri, pemimpin operasi teror di kawasan Ras al-Ma’arrah, dan Abu Badar komandan lapangan Jabhah al-Nusra.

Berita yang sama juga dimuat laman TV al-Mayadeen yang berbasis di Lebanon sembari menyebutkan telah terjadi pertempuran sengit antara Hizbullah dan al-Nusra di kawasan sekitar Brital dan Tufail di bagian timur Lebanon.

Reporter al-Mayadeen melaporkan sebanyak 16 anggota al-Nusra tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat sergapan pasukan Hizbullah di beberapa lokasi yang dikuasai al-Nusra. Selain itu, sebanyak tujuh unit mesin tempur kelompok yang terafiliasi dengan al-Qaeda juga hancur dilumat roket-roket Hizbullah.

Dalam beberapa hari belakangan Jabhah al-Nusra banyak kehilangan pemimpin dan anggotanya di kawasan Qalamoun dalam pertempuran dengan Hizbullah. Kondisi ini membuat Abu Malik al-Tali dicopot dari kedudukannya sebagai komandan al-Nusra di kawasan Qalamoun dan digantikan dengan orang lain.

Sementara itu, laman Jewish Press yang berbasis di Israel memberitakan bahwa puluhan orang tewas dari kedua belah pihakdalam pertempuran yang terjadi di Qalamoun yang berada di wilayah perbatasan Lebanon dengan Suriah, Selasa (5/5). Media Zionis ini menyebutkan bahwa lima komandan senior Hizbullah terbunuh dalam peristiwa tersebut. (mm)

(mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL