penikaman orang israelTelAviv, LiputanIslam.com – Sedikitnya lima orang Israel tewas dalam dua peristiwa serangan warga Palestina terhadap orang Israel. Dalam serangan pertama, dua orang Israel tewas dan satu lainnya luka diserang dua pemuda Palestina dengan senjata tajam di kawasan selatan Tel Aviv, ibu kota Israel, Kamis (19/11).

Palestine Today mengutip laporan media Israel bahwa satu diantara dua pemuda tertangkap oleh petugas keamanan Israel dan satu lainnya masih dalam pengejaran, sementara satu di antara dua pria Israel yang tewas adalah putera Isaac Herzog, ketua Partai Buruh Israel.

Polisi mengatakan insiden penusukan itu terjadi di sebuah toko di lantai II sebuah bangunan kantor yang saat itu menjadi tempat sekelompok warga Israel berkumpul untuk memanjatkan doa sore hari.

Saksi mata Shimon Vaknin mengatakan kepada wartawan bahwa seorang pria tersungkur bersimbah dalam dalam ruang pembacaan doa. Dia masuk setelah ditikam di luar.

“Kami shock. Kami tidak tahu apa yang terjadi, dan kemudian seseorang di dekat pintu berteriak ada teroris,” kata Vaknin.

Juru bicara polisi Luba Samri mengatakan dua orang Israel itu meninggal setelah dilarikan ke rumah sakit, dan satu penyerang ditangkap oleh warga sipil dan diketahui bernama Raed Khalil bin Mahmoud, 36 tahun, warga desa  Dura di Tepi Barat.

Sedangkan dalam serangan kedua, menurut laporan polisi Israel yang dilansir Aljazeera dan BBC, tiga orang Palestina dilaporkan telah melepaskan tembakan terhadap mobil orang Israel dari kendaraan di permukiman Zionis Gush Etzion di utara Bethlehem, mengakibatkan sedikitnya satu orang Israel, satu orang Yahudi Amerika, dan satu orang Palestina tewas.

Seperti diketahui, berbagai wilayah pendudukan Palestina sejak awal Oktober lalu menjadi ajang bentrokan luas dan sporadis massa Palestina dengan pasukan dan warga Zionis akibat tindakan-tindakan provokatif kaum Zionis di komplek Masjidil Aqsa.

Warga Palestina terus menggelar aksi unjuk rasa dan  berbagai aksi lain yang dilakukan secara perorangan dengan cara-cara seperti menabrakkan mobil dan menyerang orang-orang Israel dengan senjata tajam. Gerakan ini kemudian disebut Intifada III.

Dengan terbunuhnya lima  pria Israel tersebut, maka orang Israel yang tewas sedikitnya berjumlah 17 orang, dan sekitar 260 lainnya luka-luka akibat kebangkitan rakyat Palestina, sementara jumlah syuhada Palestina sekitar 90 orang. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL