Kairo, LiputanIslam.com –  Sekjen Liga Arab Ahmed Aboul Gheit  menyatakan kerusakan di Suriah sedemikian besar sehingga rekonstruksi negara ini memerlukan biaya dengan jumlah yang sangat fantastis, yaitu 900 juta US$.

Dia juga menyebutkan jumlah pengungsi Suriah yang tersebar di berbagai negara dunia mencapai 11 juta orang.

Dia kemudian menyatakan bahwa kondisi buruk demikian  juga dialami beberapa negara Arab lain.

“Sebagian negara Arab, termasuk Irak, juga hancur akibat konflik terorisme, perang saudara dan adanya kelompok-kelompok radikal yang belum pernah terjadi sebelumnya. Aksi-aksi teror dan konflik di Yaman juga mencolok, dan bisa jadi tersebar wabah penyakit seperti kolera dan polio,” katanya.

Dia menambahkan, “Level Liga Arab merupakan refleksi negara-negara Arab. Jika negara-negara Arab solid, aktif dan kuat maka liga ini juga menampak pada level ini. Demikian pula jika perang saudara di tengah negara-negara Arab berkobar maka produksi, pertanian dan pendidikan negara-negara ini terpukul.”

Sekjen Liga Arab menyebutkan bahwa sebanyak tiga juta anak kecil Suriah terasing dari sekolah, dan ini merupakan pertanda buruk karena dapat menyebabkan mereka mudah menjadi anggota kelompok-kelompok radikal dan teroris setelah berusia 15 tahun, sebab mereka tak memiliki pengetahuan dan wawasan soal ini.

Seperti diketahui, sejak tahun 2011 Suriah dilanda pemberontakan dan terorisme yang dimotori dan didanai oleh pihak-pihak asing yang memusuhi Suriah hingga menyebabkan kehancuran yang hebat pada ekonomi dan fasilitas infrastruktur negara ini. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL