Kairo, LiputanIslam.com –  Sekjen Liga Arab Ahmed Aboul Gheit dalam pertemuan dengan Sekjen PBB Antonio Guterres di Kairo, ibu kota Mesir, Kamis (16/2/2016), mengingatkan bahwa seluruh kawasan Timur Tengah akan berkobar jika Amerika Serikat (AS) sampai memindahkan kedubesnya dari Tel Aviv ke Baitul Maqdis (Jerussalem).

Dia mengatakan, “Liga Arab akan menempuh semua jalur diplomatik untuk mencegah tindakan Israel ini.”

Sekjen Liga Arab menekankan bahwa organisasi negara-negara Arab ini masih konsisten kepada prakarsa Dewan Keamanan PBB mengenai pengadaan dua negara merdeka di wilayah Palestina pendudukan.

Dia mengingatkan bahwa prakarsa ini sudah menjadi prinsip semua upaya internasional dalam satu dekade terakhir, dan semua negara akan masuk ke dalam jebakan Israel apabila keluar dari prinsip ini.

“Israel berusaha menghambat semua upaya serius dan proaktif di bidang ini demi merampasi tanah-tanah Palestina,” ungkapnya.

Diplomat senior Mesir ini mengimbau masyarakat dunia bertanggungjawab atas berlanjutnya kerusuhan di wilayah pendudukan dan berlanjutnya masalah kemanusiaan yang dialami oleh bangsa Palestina.

Dia juga menilai positif pertemuannya dengan Sekjen PBB mengenai krisis Suriah dan perundingan damai  di Astana, Kazakhstan.

“Kedua pihak telah mempelajari perundingan damai Astana dan menekankan penyelesaian krisis ini secara politik karena penyelesaian inilah yang dapat merespon harapan dan aspirasi rakyat Suriah,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengundang Guterres untuk menghadiri sidang puncak Liga Arab yang akan diselenggarakan di Yordania pada tanggal 29 Maret mendatang.

Guterres dalam safarinya ke Timteng tiba di Kairo Rabu lalu (15/2/2017) setelah berkunjung ke Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Oman dan Qatar.

Sekjen  Liga Arab menyampaikan statemen tersebut setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump dalam pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memberikan isyarat penolakan terhadap prakarsa pembentukan dua negara merdeka Israel dan Palestina. (mm/alyoum7)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL